Menu

Dokter Ungkap Alasan Bayi dan Anak-anak Butuh Skincare Khusus, Pahami Nih Moms!

01 Juli 2023 18:50 WIB

Ilustrasi anak-anak (Freepik/EditedByHerstory)

HerStory, Jakarta —

Moms, gak hanya orang dewasa saja yang perlu menggunakan produk perawatan kulit atau skincare, tapi bayi dan anak-anak juga memerlukannya, lho.

Terkait hal tersebut, dr. Deva Putriane, Cht, CPHCT, mengatakan bahwa bayi dan anak-anak memiliki ciri khusus yang membuatnya lebih rapuh dan sensitif dibanding kulit dewasa. 

Selain itu, permukaan kulit anak dua hingga tiga kali lebih besar daripada orang dewasa karena rasio permukaan atau berat lebih tinggi. 

Gak hanya itu saja, dr. Deva menjelaskan bahwa secara struktur, ada pula perbedaan mendasar antara kulit dewasa dengan anak-anak dan bayi. Makanya, perlu skincare khusus yang formulasinya aman untuk si kecil.

“Produk yang dioleskan ke kulit anak biasanya lebih mudah meresap. Penyerapan kulit juga didorong oleh lingkungan yang lembab (kulit di bawah popok), kulit yang rusak (ruam popok), dan lipatan," kata dr. Deva ditemui di acara peluncurkan Multipurpose Balm Beeme X Dwihanda di JCC, Senayan, Sabtu (1/7/2023).

Kata dr. Deva, kulit orang dewasa terbilang mempunyai pori-pori yang lebih besar dan cenderung lebih berminyak dibandingkan dengan kulit bayi.

"Kulit dewasa juga mempunyai Ph yang berbeda dibanding bayi. Maka, produk yang bisa digunakan untuk seluruh anggota keluarga harus memperhatikan faktor-faktor ini,” jelas dr. Deva. 

Lebih lanjut, dr. Deva menjelaskan bahwa produk yang ditujukan untuk bayi belum sepenuhnya efektif ketika digunakan oleh orang dewasa. Begitu juga dengan produk dewasa, belum tentu aman digunakan oleh kulit bayi dan anak-anak. 

"Maka dari itu, pilihlah produk yang efektif digunakan oleh seluruh anggota keluarga harus diformulasikan dengan cermat," pesan dr. Deva.

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita