Menu

Moms, 3 Makanan Ini Bisa Bantu Kamu Persalinan Normal, Rutin Konsumsi Ya!

09 Februari 2021 17:05 WIB

Potret ibu hamil sedang makan. (Freepik.com/Senivpetro)

HerStory, Jakarta —

Waktu persalinan adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan. Gak banyak dari para ibu yang ingin melahirkan normal dengan berbagai alasan. Moms bisa mewujudkannya loh dengan mengkonsumsi berbagai makanan sehat.

Selain menyiapkan mental, energi yang kuat pun perlu disiapkan loh Moms jika ingin melakukan persalinan normal. Oleh karena itu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi adalah menu utama yang wajib dikonsumsi oleh para ibu yang akan melahirkan.

Dilansir dari berbagai sumber (09/02/2021) tentang makanan sehat bagi ibu hamil yang akan melahirkan, berikut 3 jenis makanan yang harus dikonsumsi jika Moms ingin persalinan secara normal dan lancar:

1. Sayuran Hijau

Moms sudah tahu kan pasti kalau sayuran hijau sangat baik untuk kesehatan? Ternyata sayuran berdaun hijau juga dapat membantu persalinan secara normal agar berjalan lancar. Salah satu nutrisi terdapat didalamnya yang penting bagi proses persalinan normal adalah magnesium.

Selain itu, sayuran berdaun hijau juga memgandung zat besi, seng, kalsium, dan magnesium, omega 3 dan vitamin larut lemak seperti vitamin A, K, dan E serta vitamin C dalam jumlah tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi bagi Moms yang akan menjalanin proses persalinan.

Selain itu, sayuran berdaun hijay juga mengandung vigamin K berbasi nabati dalam jumlah yang sangat tinggi. Betuk vitamin ini dikenal sebagai K1 lalu diubah menjadi K2 melalui fermentasi bakteri.

Jika Moms gak begitu suka sayuran, Moms dapat mengkonsumsinya bersamaan dengan makanan lain agar tetap lezat dan gak menimbulkan mual.

2. Ubi Jalar

Moms konsumsi ubi jalar juga dapat membantu persalinan normal agar berjalan lancar. Ubi jalar adalah makanan pokok dalam persalinan karena mengandung pati dan estrogen yang dibutuhkan untuj mmebuar asam hialuronat dalam tubuh.

Gak hanya dijadikan cemilan, ubi jalar juga bisa dijadikan makanan pokok yang mengenyangkan loh. Gak hanya iti ubi jalar memiliki hanyak kandungan lainnya seperti fitoestrogen, vitamin A yang tinggi (karena warnanya), vitamin C, vitamin B (B6), dan mineral (kalium, fosfor) yang bagus bagi ibu hamil.

Penelitian juga menunhukkan bahwa ubu jalar dapat menurunkan inflamasi saraf, membantu produksi endorfin, dan pengurangan rasa sakit yang gak wajar selama persalinan dengan mengurangi peradangan pada saraf. Ini lah mengapa ubi jalar sangat baik dikonsumsi bagi Moms yang akan melakukan persalinan.

Ketika proses persalinan, tubuh kamu akan merangsang peningkatan produksi estrogen, oksitosinz dan prosraglandin. Kandungan firoestrogen pada ubi jalar dapat membantu tubuh kamu untuk hal itu, dikarenakan fitoestrogen yang ada di ubi jalar gak merusak reseptor seperti xenoestrogen, namun mereka meniru estrogen alami.

Ubi jalar juga memiliki kadar gula yang rendah sehingga aman dikonsumsi bagi Moms yang mengalami resistensi insulin dan diabetes gestasional.

3. Kacang dan Biji-Bijian

Moms, tahu kan kandungan dari kacang dan biji-bijian sangat bagus untuk proses persalinan? Oleh karena itu, konsumsi kacang dan biji-bijian sangat baik bagi ibu hamil, terutama mengkonsumsi biji labu, biji wijen, biji bunga matahari, almond dan quinoa.

Moms, penelitian menujukkan bahwa senyawa dalam bini labu dapat membantu mengatur kadar insulin loh. Sehingga aman dikonsumsi bagi Moms yang memiliki resistensi insulin arau diaberes gestasional ketika hamil.

Ternyata dalam biji labu juga mengandung padat mineral seperti besi, seng dan magnesium. Biji labu juga mengandung protein dan EFA, serra senyawa lainnya yaitu fironutrien yang bermanfaat bagi ibu hamil.

Terkenal sebagai cemilan, ternyata biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E yang tinggi sehingga bagus untuk kelembutan jaringan, fungsi profesteron, dan merupakan bagian dari nutrisi yang ditemukan dalam cairan ketuban. Kadar vitamin E yang rendah juga dapat menyebabkan persalinan prematur. Oleh karena itu, Moms harus banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.

Moms, semua makanan ini mudah untuk dicarikan? Perbanyak konsumsi makanan di atas ya Moms jika ingin persalinan secara normal dan berjalan lancar