Menu

Bisa Pengaruhi Mental Anak, Ini 3 Parenting Style yang Wajib Banget Diketahui, Tertarik Terapkan Moms?

03 Juli 2023 15:15 WIB

Ilustrasi ibu dan anak yang sedang berbicara (MomLife Today/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms tahu gak sih kalau ternyata pola asuh atau parenting itu sangat berpengaruh untuk kehidupan si kecil di masa mendatang lho.

Seperti yang diketahuii, ada banyak sekali tipe pola asuh yang bisa diterapkan untuk si kecil. Namun, kamu tentunya mestu tahu dulu yang cocok dengan gayamu dan pengertian dari parenting sendiri.

Dikutip dari unggahan akun Instagram @studiodjiwa, parenting style adalah istilah yang merujuk pada strategi umum yang dilakukan oleh orang tua dalam membesarkan anak-anak mereka. Parenting style juga dapat didefinisikan sebagai sikap dan perilaku orang tua terhadap anak-anak, serta cara orang tua mengekpresikan emosi serta perilakunya.

Pola asuh atau parenting style dapat mempengaruhi harga diri, kesehatan fisik, serta cara anak berinteraksi dengan orang lain dan lingkungan sekitarnya. Masih dari sumber yang sama, berikut ini adalah beberapa tipe parenting styles yang harus kamu ketahui.

Authoritarian parenting

Tipe parenting style yang pertama adalah authoritian parenting. Gaya pola asuh ini diterapkan secara otoritas. Orang tua yang menerapkan parenting style ini tak tertarik untuk bernegosiasi dan lebih fokus pada kepatuhan anak. Orang tua juga tak mengizinkan anak untuk terlibat dalam tantangan atau pemecahan suatu masalah.

Pengaruh parenting style ini terhadap kesehatan mental anak adalah berisiko tinggi mengalami masalah harga diri akrena pendapat anak cenderung tak dihargai, serta anak dapat tumuh menjadi orang yang senang berbohong untuk menghindari hukuman.

Authoritative parenting

Tipe parenting style yang kedua adalah authoritative parenting. Orang tua akan berusaha menciptakan dan mempertahankan hubungan yang positif dengan anak, mereka akan berusaha menjelaskan alasan di balik aturan, serta menetapkan batasan, menegakkan aturan, dan memberikan konsekuensi tetapi tetap mempertimbangkan perasaan anak.

Pengaruh parenting style ini terhadap kesehatan mental anak adalah anak akan tumbuh menjadi sosok yang bertanggung jawab, merasa nyaman membela diri dan mengungkapkan pendapat serta perasaan, dan lebih pandai membuat keputusan yang tepat.

Permissive parenting

Tipe parenting style ketiga adalah permissive parenting, diterapkan oleh orang tua kepada anaknya dengan cara mentapkan aturan tetapi jarang menegakkannya, tak terlalu sering memberikan konsekuensi, serta memiliki pemikiran bahwa anak akan belajar paling baik tanpa bantuan dari orang tua.

Pengaruhnya terhadap kesehatan mental seorang anak akibat gaya pola asuh ini adalah kecenderungan memiliki kesulitan secara akademis, serta lebih mungkin menunjukkan banyak masalah perilaku karena anak tak menghargai otoritas dan aturan.

Itulah tiga tipe parenting style yang harus kamu ketahui! Semoga bermanfaat Moms!

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan