Menu

Penyakit Preeklamsia pada Ibu Hamil Mengancam Kesehatan Bayi dalam Kandungan, Ini 5 Tips Makan Sehat yang Wajib Dipatuhi Bumil, Catat Moms!

06 Juli 2023 14:45 WIB

Ilustarsi ibu hamil mengonsumsi makanan (Sumber/Shutterstock)

HerStory, Jakarta —

Apakah Moms pernah mendengar preeklamsia yang sering dialami oleh ibu hamil?Ya, ini merupakan tekanan darah tinggi yang berkembang selama kehamilan. Masalah kesehatan ini biasanya berkembang setelah minggu ke-20 kehamilan.

Preeklamsia ini bisa memengaruhi organ lain dalam tubuh dan berbahaya bagi ibu dan janin yang sedang berkembang lho. Itulah mengapa ibu hamil wajib menjaga kesehatannya, dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dan suplemen.

Berikut telah HerStrory rangkum tips makan sehat untuk ibu hamil, antara lain:]

1. Batasi makanan manis

Ibu hamil sebaiknya membatasi makanan manis, seperti aneka kue kering, biskuit kaleng, dan makanan manis lainnya. Sebab, makanan-makanan tersebut akan meningkatkan risiko naiknya berat badan. Nah, jika tidak dikontro tentu ini sangat berbahaya.

2. Batasi makan daging

Moms boleh saja mengonsumsi daging asal dengan catatan sudah dimasak dengan matang ya. Sebab, daging merah merupakan sumber zat besi terbaik yang dibutuhkan ibu hamil untuk mencegah anemia.

3. Konsumsi vitamin

Konsultasikan dengan dokter tentang vitamin apa yang sebaiknya Moms konsumsi. Ini karena vitamin akan dibutuhkan sesuai dengan kondisi ibu hamil.

4. Makan serat 

Dengan mengonsumsi makan buah dan sayur bisa membuat ibu hamil merasan kenyang, sehingga tidak makan secara berlebihan. Selain itu, buah dan sayur juga penting untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin dan mineral harian.

5. Minum susu kehamilan yang tepat

Berikutnya ibu hamil juga harus minum susu. Sebab, susu bisa memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Pilihlah produk susu yang mengandung asam folat, zat besi, protein, kalsium, vitamin D, magnesium, fosfor, vitamin B6, serta omega-3 dan 6.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari

Artikel Pilihan