Menu

Intip Cerita Cindy Nyoto Gunawan Soal Perjalanan Rose All Day: Mulai dari Pandemi hingga Gudang yang Habis Terbakar

07 Juli 2023 08:25 WIB

Cindy Nyoto Gunawan, Director of Rosé All Day Cosmetics saat virtual media briefing Shopee 7.7. (Dok. Istimewa/Shopee)

HerStory, Jakarta —

Beauty, tren di industri kecantikan terus berkembang dan mendatangkan preferensi masyarakat yang semakin bervariasi. Pasti kamu juga merasa begitu kan, Beauty?

Nah, hal tersebut membuka peluang dan mendorong industri kecantikan lokal di Indonesia semakin maju dengan berbagai inovasi produk yang dihadirkan, salah satunya Rose All Day Cosmetics atau RADC.

Diinisiasi oleh Tiffany Danielle, Samantha Wijaya, dan Cindy Gunawan sejak tahun 2017, Rose All Day ini menghadirkan berbagai produk pilihan dengan kualitas yang sangat baik. 

Tiga wanita inspiratif ini melihat peluang besar dalam perkembangan kosmetik lokal dan komunitas kecantikan di Indonesia dan memutuskan untuk mulai membangun brand kosmetik.

"Menjalankan bisnis Rose All Day ini diawali dari keinginan kami untuk menciptakan produk yang sifatnya 'Everyday Essentials, Easy to Use and Functional' dengan formula yang clean beauty, vegan, dan halal certified, kami ingin semua orang, dari pemula hingga make up enthusiasts dapat menggunakan produk kami untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan nyaman," kata Cindy Nyoto Gunawan, Director of Rosé All Day Cosmetics saat virtual media briefing Shopee 7.7.

Terinspirasi dari kecantikan natural wanita Indonesia, Rosé All Day Cosmetics telah berhasil mempertahankan ciri khasnya, tapi tetap mengikuti tren kecantikan yang membuat popularitasnya semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan penjualan RADC hingga 6x lipat secara keseluruhan.

RADC menghadirkan produk dari semua kategori eyes, face, lips dengan bahan-bahan pilihan untuk menjadi teman dan solusi akan kebutuhan setiap orang.

Dengan konsep ‘no-makeup makeup look’, pengguna diajak untuk menjadi versi terbaik dari dirinya dan nyaman akan kulit masing-masing, sehingga lebih percaya diri untuk menampilkan wajah cantik natural tanpa perlu menutupi dengan terlalu banyak produk.

Gak hanya itu, kini bahkan tengah merambah ke lini skincare untuk perawatan kulit yang diberi nama Skin by Rose. Didorong oleh kesuksesan produknya yang disambut secara antusias oleh para pecinta makeup di Indonesia, Rose All Day Cosmetics semakin konsisten mengembangkan bisnisnya dengan meluncurkan berbagai produk-produk baru. 

Setelah bergabung di Shopee sejak awal berdirinya, brand ini mulai gencar berjualan dan mempromosikan produknya di Shopee untuk memperkuat online presence di platform e-commerce dan media sosial. Akhirnya, RADC pun mulai memberanikan diri untuk merambah ke penjualan secara offline di tahun 2019.

Saat pandemi berlangsung, berbagai tantangan dan adaptasi harus dilakukan oleh tim, tapi tanpa disangka penjualan justru terus meningkat. Bahkan, pesatnya perkembangan ini juga terlihat dari jumlah tim yang semakin bertambah hingga memutuskan untuk pindah ke kantor yang lebih memadai setelah sebelumnya beroperasi di garasi salah satu founder.

Tahun 2022 merupakan tahun yang transformatif bagi RADC, diawali dengan peningkatan penjualan yang hampir mencapai 3x lipat dan peluncuran kolaborasi internasional pertamanya dengan Harry Potter yang mendapatkan antusiasme luar biasa dari beauty enthusiasts Indonesia.

Sayangnya, terkadang cobaan bisa terjadi secara tiba-tiba, Di tahun ini tim RADC juga mengalami musibah yang gak pernah diperkirakan sebelumnya saat gudang tempat penyimpanan stok produk habis terbakar di bulan September.

Hal ini mengharuskan RADC untuk menunda launching produk yang seharusnya menjadi hero SKU baru mereka, membatalkan pesanan customer, hingga memberhentikan penjualan di semua platform baik online maupun offline.

"Namun, dengan banyaknya dukungan berdatangan, baik dari pengguna setia, influencers, hingga brand-brand lokal lain membuat RADC semakin semangat untuk bangkit kembali," ungkap Cindy.

Di tahun 2023, RADC kian gencar mengembangkan bisnisnya bersama Shopee. Gak hanya mengikuti sejumlah kampanye tematik, RADC juga memanfaatkan berbagai fitur interaktif yang dihadirkan Shopee, salah satunya Shopee Live.

Melalui fitur live shopping, pembeli dapat berkonsultasi langsung dengan host yang telah dibekali dengan pengetahuan mengenai produk yang mumpuni agar dapat memberikan jawaban dan rekomendasi produk sebaik mungkin.

Hadirnya Shopee Live yang memungkinkan brand untuk berinteraksi secara real time dengan pembeli ini terbukti berkontribusi pada peningkatan penjualan RADC di Shopee.

Bahkan, pada kampanye sesi live shopping eksklusif bersama Raffi Ahmad di kampanye 7.7 Shopee Live Bombastis Sale, produk Thunder Lash Mascara dari RADC berhasil terjual habis dalam satu menit.

“Berbagai fitur hingga rangkaian kampanye Shopee yang telah kami ikuti mampu mengantarkan Rose All Day Cosmetics meraih pencapaian peningkatan penjualan yang signifikan hingga mencapai lebih dari 2 kali lipat dibandingkan tahun lalu di Shopee," tutur Cindy.

Menambah kemeriahan para pengguna, pada puncak kampanye di 7 Juli 2023 mendatang, Shopee kembali memberikan penawaran terbaik yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan akan produk kecantikan, antara lain Gratis Ongkir 100RB, Flash Sale RP1, dan Semua Skincare 10RB.

"Lebih spesial lagi, pada kampanye 7.7 kali ini kami menghadirkan promo terbaik bagi para konsumen untuk dapat mencoba berbagai produk kosmetik maupun skincare kami,” tutup Cindy.

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita

Artikel Pilihan