Menu

Disebut Ampuh Jadi Penghancur Kanker, Benarkah Buah-buah Ini Simpan Segudang Manfaat Ajaib?

07 Juli 2023 09:35 WIB

Ilustrasi pasien kanker (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Menjadi penyakit yang sangat mematikan dan menakutkan, hingga kini kanker masih sulit untuk disembuhkan. Namun, beberapa orang percaya bahwa beberapa buah ini bisa mengobati kanker dan mencegah penyebarannya lho Beauty!

Namun, apakah benar ada buah-buahan yang dapat menghancurkan kanker? Dalam artikel ini, kami akan mengungkapkan fakta berdasarkan penelitian tentang klaim ini dan mencari tahu apakah buah-buahan tersebut benar-benar memiliki efek menghancurkan kanker.

1. Buah-buahan yang Kaya Antioksidan

Dilansir dari Nutrients, beberapa buah-buahan, seperti blueberry, strawberry, blackberry, dan raspberry, kaya akan antioksidan seperti flavonoid dan vitamin C. Antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang berpotensi menyebabkan kanker.

Namun, meskipun antioksidan memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan, tak ada bukti yang kuat yang menyatakan bahwa buah-buahan ini secara khusus "menghancurkan" kanker.

2. Tomat dan Likopen

Dilansir dari Medicine, tomat adalah buah yang kaya akan likopen, yaitu pigmen alami yang memberikan warna merah pada tomat. Likopen telah dikaitkan dengan potensi melindungi dari beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat.

Namun, perlu diingat bahwa likopen bukanlah "penghancur" kanker, tetapi lebih pada kontribusi terhadap kesehatan secara keseluruhan. Asupan likopen dari makanan, termasuk tomat, dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehat yang dapat membantu dalam mencegah risiko kanker.

3. Jeruk dan Vitamin C

Dilansir dari  Integrative Cancer Therapies, jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C, yang memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Vitamin C telah dikaitkan dengan potensi mencegah beberapa jenis kanker.

Namun, seperti halnya likopen, vitamin C juga bukanlah "penghancur" kanker, melainkan merupakan nutrisi yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Meskipun beberapa buah-buahan memiliki kandungan antioksidan, likopen, atau vitamin C yang dapat berkontribusi pada kesehatan dan mencegah beberapa jenis kanker, tak ada bukti yang kuat yang menyatakan bahwa buah-buahan ini secara langsung dan spesifik "menghancurkan" kanker.

Penting untuk memahami bahwa mencegah kanker melibatkan gaya hidup sehat secara keseluruhan, termasuk pola makan seimbang, aktivitas fisik teratur, tak merokok, serta menghindari paparan faktor risiko kanker lainnya.

Artikel Pilihan