Menu

Moms, Lebih Baik Menitipkan Anak ke Mertua atau Pengasuh ya?

10 Februari 2021 16:00 WIB

Ilustrasi anak bermain (Freepik/gpointstudio)

HerStory, Jakarta —

Moms, kadang keadaan memaksa kamu dan suami untuk bekerja sehingga kesulitan untuk menitipkan anak. Dilema pun kadang menghampiri, lebih baik dititipkan ke mertua atau pengasuh ya? Moms, harus tau semua itu punya kelebihan dan kekurangannya.

Sebagian dari kamu ada yang tetap berkarir meskipun telah berumah tangga. Entah memang terpaksa karena keadaan ekonomi atau memang keinginan sendiri. Suami - istri bekerja memang memunculkan permasalahan mengenai anak, apakah bisa dibawa bekerja atau dititipkan? Opsi kedua yang paling banyak dilakukan oleh pasangan yang bekerja.

Gak ada yang ingin anaknya diurus oleh orang lain, termasuk keluarga sendiri. Namun kadang keadaan memaksa kamu untuk bekerja sehingga mau gak mau anak harus dititipkan.

Menitipkan anak dengan siapapun bukanlah hal yang mudah. Banyak pertimbangan dan kekahwatiran didalamnya. Kekhawatiran yang ditimbulkan biasanya bagaiamanan cara merawatnya, apakah makannya bernutrusu jika dikonsumsi orang lain, dan lainnya.

Menitipkan anak dengan mertua atau pengasuh memang mempunyai plus dan minusnya masing-masing. Dilansir dari berbagai sumber (10/02/2021), berikut penjelasannya!

Menitipkan ke Mertua

Rasanya lebih akan ya Moms bila si kecil diasuh dengan orang yang kamu percaya ketika bekerja? Namun kamu harus benar-benar pahami ya kelebihan dan kekurangannya

Kelebihan menitipkan si kecil pada mertua adalah norma atau tradisi keluarga yang turun temurun dapat langsung diwariskan ke anak. Moms juga bisa lebih tenang karena keamanan anak terjamin dan dapat memantau tumbuh kembang anak. Selain itu, terjalin hubungan yang harmonis antara nenek-kakek dengan cucuknya.


Adapun kekurangan, jika Moms menitipkan anak ke mertua yaitu gak terlalu waspada dalam mengasuh anak dikarenakan usia tua dan sudah gak memiliki energi sekuat dulu. Selain itu, cara asuh yang diterapkan oleh mertua kadang gak sesuai dengan yang kamu ingunkan atau gak sama dengan cara asuh kamu dan pasangan sehingga dapat merenggangkan hubungan anak dan orang tua.

Menitipkan ke Pengasuh

Selain orang tua atau keluarga, menyewa pengasuh adalah opsi lainnya untuk menitipkan anak. Namun Moms perlu diperhatikan lagi mengenai kelebihan dan kekurangannya.

Menggunakan jasa pengasuh memang siap sedia jika dibutuhkan untuk mengasuh anak selama 24 jam. Salain itu, anak dapat merasa lebih nyaman karena berada di lingkungan rumahnya sendiri.

Moms juga harus memperhatikan dampak negatifnya seperti anak berisiko terlalu dekat dengan pengasuh berakibat timbulnya kecemburuan. Disamping itu, kegiatan dan perkembangan anak sehari-hari kurang terpantau sepenuhnya serta keamanannya pun belum terjamin.

Jadi, Moms lebih pilih menitupkan anak ke mertua atau pengasuh? Pertimbangkan lagi ya dengan suami kelebihan dan kekurangan dari keduanya!