Menu

Olahraga Pagi Lebih Baik Sebelum atau Sesudah Sarapan? Biar Makin Sehat, Yuk Simak Penjelasannya di Sini Beauty!

09 Juli 2023 08:30 WIB

Olahraga bersepeda. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, berolahraga rutin merupakan hal wajib dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Umumnya, olahraga dilakukan pagi hari karena udara masih segar. 

Namun, di antara olahraga pagi, baiknya sebelum atau sesudah makan, ya? Ternyata olahraga sebelum dan setelah sarapan memberikan manfaat berbeda untuk kesehatan, lho Beauty. 

Kalau kamu olahraga sebelum sarapan, itu bisa membakar lemak lebih baik. Lemak yang di bakar diubah menjadi energi yang bisa membantu kamu segar dan bugar seharian. 

Bahkan Beauty, pembakaran lemak di dalam tubuh lebih tinggi apabila kamu olahraga sebelum sarapan, lho

Dengan tak sarapan sebelum olahraga, karbohidrat dalam tubuh akan berkurang. Sebab, tubuh sudah gak punya sumber bahan bakar yang diubah jadi energi. 

Jadi, lemak yang sudah tersimpan dalam tubuh. digunakan sebagai sumber energi saat berolahraga. Artinya, olahraga sebelum sarapan dapat menurunkan jumlah lemak secara signifikan. 

Kondisi ini disebabkan kemampuan otot berbeda dari masing-masing individu untuk membakar lemak. Sementara jika olahraga diawali sarapan, itu membantu performa tubuh lebih kuat selama beraktivitas, sebagaimana HerStory kutip dari Cleveland Clinic, Minggu (9/7/2023).

Dalam kondisi ini tubuh untuk mendapatkan tambahan energi selama berolahraga dari menu sarapan yang dikonsumsi. Namun demikian Beauty, kamu jangan langsung olahraga setelah beberapa menit sarapan ya. 

Sebab, itu akan menyebabkan gangguan pencernaan. Idealnya, sarapan 2-4 jam sebelum olahraga agar aktivitas kamu tak terhambat. Pastikan makanan yang dikonsumsi mengandung gizi yang seimbang, seperti protein rendah lemak.