Menu

Jangan Dianggap Sepele, Ini 5 Gejala Lonjakan Glukosa pada Tubuh, Kenali Biar Makin Waspada Diabetes Ya Beauty!

09 Juli 2023 23:30 WIB

Ilustrasi penderita diabetes. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, bahaya diabetes wajib menjadi perhatian semua orang. Karenanya, kamu mesti mengenali ciri-ciri gejala gula darah tinggi, biar makin waspada komplikasi penyakit diabetes. 

Sebabnya, banyak orang termasuk penderita diabetes yang tak menyadari ciri-ciri atau gejala saat kadar gula darah melonjak tinggi. Padahal sebenarnya, banyak ciri-ciri gula darah tinggi yang tak jarang membuat penderitanya merasa tidak nyaman. 

Saat glukosa atau gula sederhana menumpuk di dalam darah, maka kadar gula darah melonjak. Hal ini terjadi pada penderita diabetes sebagai akibat dari penggunaan glukosa yang tak tepat oleh tubuh.

Dan dikutip dari Times of India, Minggu (9/7/2023), berikut adalah 5 gejala yang menandakan kadar gula darah yang buruk. Yuk, simak baik-baik!

1. Kabut otak

Ketika glukosa menumpuk di dalam darah, laju impuls antar neuron di otak bisa melambat seperti skita sedang menaiki roller coaster, Beauty. Ini mungkin terasa seperti kabut mental.

Ketika gula tak bisa masuk ke dalam sel, gula akan menumpuk di sirkulasi tubuhmu. Hiperglikemia dihasilkan dari ini. Pembuluh darahmu mungkin rusak akibat peningkatan mendadak ini, yang dapat memengaruhi seberapa baik sirkulasi darah. Aliran darah yang buruk ke otak dapat mengganggu kemampuanmu untuk berpikir rasional.

2. Rasa lapar yang terus-menerus

Ngidam makanan yang tak kunjung hilang merupakan indikasi kadar gula yang tak seimbang. Hormon lapar kita dapat dikacaukan oleh lonjakan glukosa dan terlalu banyak insulin, membuat kita merasa lapar terus-menerus.

3. Eksim

Saat glukosa menumpuk di dalam darah, gangguan kulit inflamasi yang disebut eksim pun akan menyebabkan bercak kering pada kulit di seluruh tubuhmu, Beauty.

Pasien diabetes lebih mungkin untuk mengembangkan gangguan kulit seperti eksim. Selain kondisi kulit lainnya, eksim yang kambuh dapat disebabkan oleh peningkatan kadar gula darah.

4. Kerontokan rambut pada wanita

Dalam tubuh wanita, kadar glukosa yang berlebihan dapat menghasilkan kadar testosteron yang tinggi, yang dapat mendorong pertumbuhan rambut wajah dan kebotakan kepala.

Ya, rambut kamu bisa rusak jika kadar gula darah melonjak secara signifikan, Beauty. Sel menerima lebih sedikit oksigen ketika aliran darah dibatasi selama kenaikan gula. Ini dapat menghambat pertumbuhan reguler folikel rambut yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

5. Jantung berdebar kencang

Kamu mungkin akan bangun dengan berkeringat, dan dengan jantung berdebar kencang akibat ledakan glukosa yang terjadi pada malam hari sebagai akibat dari lonjakan glukosa yang signifikan setelah makan malam. Untuk mencegah gejala ini di pagi hari, cobalah makan makanan rendah GI yang bergizi saat makan malam.

Cara terbaik untuk menjaga kadar gula darah

Nah Beauty, memahami kadar gula darah adalah langkah pertama dalam mencegah lonjakan gula darah. Kamu harus sering memeriksa kadar gula darah terutama jika kamu seorang penderita diabetes dan menggunakan obat seperti insulin yang secara langsung mempengaruhinya.

Setiap pagi sebelum makan, periksa kadar gula darah; ini dikenal sebagai kadar gula darah puasa. Beberapa orang dengan diabetes tipe 2 mungkin hanya memerlukan pengujian harian ini. Namun, yang lain mungkin memerlukan hingga sepuluh pemeriksaan gula darah setiap hari.

Semoga informasinya bermanfaat, ya Beauty!

Artikel Pilihan