Menu

Hidangkan 5 Makanan Imlek Ala Chef Devina, Dipercaya Membawa Keberuntungan!

10 Februari 2021 20:45 WIB

Makanan khas Imlek (Tokopedia/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Tahun baru imlek identik dengan acara keluarga, seperti yang dilakukan oleh Devina Hermawan sebagai Celebrity Chef. Selain itu, Chef Devina dan keluarga menghidangkan makanan yang memiliki makna penting dalam perayaan tahun baru imlek.

Setiap keluarga memang memiliki hidangkan khas yang khusus disajikan pada tahun baru imlek, termasuk yang dilakukan oleh keluarga Chef Devina. Biasanya makanan yang disajikan memiliki makna tersendiri yang dipercaya memiliki kekuatan doa yang baik untuk masa depan.

“Tradisi hari raya imlek yang saya dapat dari orang tua sejak kecil dan saya terapkan lagi ke anak saya adalah harus kumpul keluarga. Namun sekarang kan lagi pandemi gak bisa kumpul keluarga besar,” ujar Devina .

Dalam perayaan Tahun Baru Imlek yang diadakan oleh Sampoerna Acdemy yaitu “Lunar In Ox Wonderland” Edukasi Melalui Selebrasi Melalui Tahun Baru Lunar, Chef Devina mengadakan cooking show. Dalam acara itu, Chef Devina mengajarkan murid-murid di Sampoerna Academy bagaimana membuat dimsum yang sering dijadikan makanan khas perayaan tahun baru imlek.

Kali ini Chef Devina membuat tiga jenis dimsum yaitu, siomay, hakau, dan oxfau. Mungkin siomay dan hakau sudah gak asing lagi di telinga kamu, berbeda dengan oxfau yang mungkin masing asing. Oxfau merupakan jenis dimsum yang sengaja dibuat berbentuk kerbau yang menandakan shio tahun ini yaitu ox atau kerbau logam kerbau.

Selain dimsum, ada pun berbagai jenis makanan ala keluarga Chef Devina yang bisa kamu hidangkan juga di rumah bersama keluarga dalam perayaan hari raya imlek:

Berbagai Macam Olahan Mie

Tahun baru imlek, identik dengan hidangan oriental food atau chinese food, salah satunya adalah berbagai macam olahan mie. Kamu bisa menyajikan shoun yang diolah dengan berbagai cara seperti ditumis, digoreng, ataupun soun kuah. Soun kuah bisa jadi pilihan yang tepat karena menghatkan, apa lagi hari raya imlek identik dengan musim hujan.

Ternyata penyajian mie ketika tahun baru imlek memiliki makna tersendiri loh. Bagi warga tionghoa, mie menandakan harapan baik serta panjang umur dan rezeki.

Kue Kranjang

Hampir semua keluarga yang merayakan tahun baru imlek, kue kranjang atau nian go sudah pasti menjadi hidanganutama yang selalu ada ketika sembayang dan jamuan makan. Oleh karena itu, kue ini biasanya disajikan untuk keluarga dan para tamu.

Biasanya kue kranjang disusun di atas kue mangkok warna merah atau di nampah besar. Kue kranjang menandakan harapan agar semua keluarga tetap lengket dan manis seperti kue kranjang.

Ikan

Ternyata, ikan juga termasuk hidangan yang dianjurkan dihidangkan ketika hari raya imlek. Ikan dipercaya dapat memberikan rezeki dan kesalamatan. Hal ini dikarenakan ikan dapat berenang melalui ombak.

Uniknya, cara menghidangkan ikan ketika hari raya imlek gak boleh sembarangan loh. Ikan dihidangkan dengan kepala ikan diarahkan ke tamu terhormat atau orang tua yang berati menujukkan rasa hormat. Anggota keluarga yang lain bisa menyantap ikan setelah orang yang menghadap ke arah kepala ikan sudah makan terlebih dahulu.

Nah, ikan juga gak boleh dipindahkan loh. selanjutnya dua orang yang menghadap kepala dan ekor ikan harus minum bersama. Hal ini dipercaya dapat membawa keberuntungan.

Jeruk

Buah jeruk menjadi hidangan wajib warga tionghoa dalam merayakan tahun baru imlek. Buah jeruk dipercaya dapat melambangkan rezeki yang berlimpah ruah. Biasanya buah jeruk yang disajikan adalah buah jeruk yang memiliki tangkai dan daun. Jeruk utuh ini dipercaya melambangkan kemakmuran dan kesejahteran yang akan selalu.

Makanan Berlapis

Makanan berlapis dipercaya memiliki makna akan datangnya berkat yang berlapis-lapis. Biasanya Chef Devina dan keluarga menyajikan kue lapis atau sayuran yang berlapis-lapis seperti sawi putih, pakcoi, dan lainnya.

Kue lapis legit harus ada didalam perayaan tahun baru imlek karena dipercaya memberikan rejeki yang berlapis. Rejeki yang berlapis-lapis ini dapat membawa keberuntungan bagi keluarga.

Jadi, sudah siapkah merayakan tahun baru imlek? Jangan lupa menyajikan hidangan di atas ya agar tahun baru imlek ini meberikan berkat dan kesejahteraan bagi seluruh umat manusia.