Menu

3 Kesalahan Pakai Serum yang Bikin Kulit Wajah Jadi Rusak, Skincare-an Jadi Sia-sia Deh!

17 Juli 2023 11:15 WIB

Hydrating Serum Kaila. (Dok. Istimewa/Kaila)

HerStory, Jakarta —

Beauty, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merawat kulit supaya tetap sehat adalah dengan menggunakan berbagai macam produk skincare.

Produk skincare yang paling penting untuk digunakan adalah serum. Pasalnya, serum memiliki konsentrasi yang lebih tinggi dan gampang meresap ke lapisan kulit paling dalam.

Makanya, serum diyakini ampuh untuk mengatasi permasalahan kulit, seperti kusam, noda hitam membandel, dan juga bekas jerawat. Namun, ada orang-orang yang mengatakan bahwa penggunaan serum justru gak ada efeknya dan bikin kulit jadi rusak. Kenapa ya?

Mengutip dari laman Healthshots, Senin (17/7/2023), berikut ini beberapa kesalahan pakai serum yang masih sering dilakukan banyak orang. Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Salah urutan pakainya

Beauty, urutan pengaplikasian skincare yang tepat dengan formula atau teksturnya yang paling cair hingga ke bagian paling kental.

Nah, serum memiliki konsentrat yang ringan. Jadi, serum digunakan setelah penggunaan toner dan sebelum pengaplikasian pelembap. Jangan sampai salah, ya.

2. Gak memeriksa konsentrasi bahan aktif dalam serum

Beauty, jangan lupa untuk selalu memeriksa konsentrasi bahan aktif dalam serum yang kamu pilih. Bahan aktif dalam produk skincare berfungsi untuk mengatasi masalah kulit.

Konsentrasi bahan aktif yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah juga bisa jadi salah satu alasan kenapa serum yang dipakai gak memberikan hasil sesuai ekspektasimu.

Makanya, gunakan produk dengan konsentrasi yang tepat supaya mendapatkan hasil yang diinginkan dan terhindar dari kerusakan kulit.

3. Gak konsisten

Konsisten dalam penggunaan produk skincare adalah kunci untuk mencapai hasil maksimal. Kalau kamu gak konsisten, maka hasilnya juga gak akan sesuai ekspektasimu.

Selain itu, pastikan juga untuk memakai serum secara teratur untuk mendapatkan hasil yang baik. Jangan lupa untuk selalu dibarengi dengan basic skincare lainnya, ya.

Nah, itulah beberapa kesalahan menggunakan serum yang bikin hasilnya jadi gak maksimal. Jangan dilakukan lagi, ya!

Artikel Pilihan