Menu

Diabetes Terkendali, Ini Lho Rempah yang Dikenal Ampuh Turunkan Gula Darah, Mudah Dicari Kok!

17 Juli 2023 19:25 WIB

Biji ketumbar. (Pixabay/PDPics)

HerStory, Jakarta —

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang paling banyak menyumbang angka kematian.

Penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar gula darah dan perlu segera ditangani lebih lanjut. Kalau enggak, maka diabetes bisa menjadi penyebab komplikasi yang lebih berbahaya.

Salah satu cara tepat untuk mengendalikan kadar gula darah adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Gak hanya itu, bahan makanan, seperti rempah-rempah juga menyimpan manfaat untuk penderita diabetes.

Berikut rempah-rempah yang mudah didapat dan dipercaya bisa membantu mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh!

1. Ketumbar

Biji ketumbar memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya membantu menurunkan kadar gula darah. Konsumsi biji ketumbar secara teratur juga bisa mengurangi risiko komplikasi kardiovaskular.

Sebuah studi juga mengungkapkan bahwa biji ketumbar bisa membantu mengelola diabetes. Gak hanya itu, ketumbar juga dapat meningkatkan faktor-faktor lain terkait sindrom metabolik.

2. Jahe

Sebuah studi dalam natural product journal Planta Medica mengemukakan bahwa jahe bisa membantu mengontrol kadar gula darah jangka panjang bagi penderita diabetes tipe 2.

Studi lain juga mengungkapkan, suplemen bubuk jahe dapat membantu mengendalikan gula darah puasa. Pada akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa ada peenurunan risiko diabetes lebih lanjut.

3. Cengkeh

Selain sifat antiseptiknya, cengkeh juga memiliki sifat anti-inflamasi. Cengkeh dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkontrol dan dikenal dapat meningkatkn produksi insulin.

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam cengkeh dapat membantu menjaga gula darah tetap terkendali.

Artikel Pilihan