Menu

Viral Salad dengan Potongan Nanas, Kenali 7 Manfaat Buah Tropis Bagi Kesehatan Wanita: Bisa Meningkatkan Kesuburan!

18 Juli 2023 16:00 WIB

Buah Nanas. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Jagat dunia maya belakangan tengah dihebohkan dengan drama salad buah yang tengah viral di sosial media. Hal ini bermula dari pemilik akun TikTok @makanlurr yang membagikan review saat mencicipi salad buah milik Neynis Food yang dijual murah dengan harga Rp10 ribu.

Food vlogger yang karib disapa Aa Juju itu, memperlihatkan kondimen buah apa saja sebagai isian salad. Seperti biasa, hanya berisi beberapa potongan buah yang dipadukan dengan saus mayones dan topping keju di atasnya.

Namun yang mencuri perhatian adalah adanya potongan nanas yang menjadi salah satu isian salad viral tersebut. Mengejutkannya, saat Aa Juju memakan potongan nanas tersebut, ia mengaku lidahnya terasa kebas dan gatal.

Karena review tersebut, Aa Juju juga menjadi berseteru dengan pemilik Neynis Food. Terlepas dari polemik Aa Juju dengan owner salad viral itu, netizen menyoroti soal potongan nanas di dalam salad buah tersebut. Banyak yang beranggapan, salad buah pada dasarnya tak menggunakan buah nanas.

Bicara soal nanas, buah tropis yang satu ini memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Terkhusus untuk wanutam nanas memiliki beberapa manfaat spesifik. Penasaran apa saja manfaat nanas bagi kesehatan wanita? Merangkum dari laman halodoc.com, Selasa (18/7/2023), berikut 7 di antaranya.

Meningkatkan kesehatan tulang

Beauty sudah tahu bukan, salah satu kandungan vitamin yang terkandung dalam buah nanas adalah vitamin C? 

Dalam studi berjudul The roles and mechanisms of actions of vitamin C in bone: New developments dalam Journal of Bone and Mineral Research menyebutkan, salah satu nutris yaang penting untuk kesehatan tulang adalah vitamin C.

Vitamin C yang terkandung di dalam buah nanas sangat tinggi. Nutrisi ini terbukti merangsang produksi sel pembentukan tulang dan melindungi tulang dari kerusakan, salah satunya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Memperkuat otot

Bukan hanya memiliki banyak kandungan vitamin C, nanas juga merupakan sumber valin dan leusin yang baik. Keduanya merupakan asam amino esensial guna mendukung pertumbuhan dan perbaikan jaringan otot. 

Konsumsi jus buah nanas setiap hari untuk mendapatkan khasiatnya!

Meningkatkan kesuburan

Dalam studi berjudul Properties and therapeutic application of bromelain: A review yang dipublikasikan jurnal Hindawi, nanas mengandung enzim bromelain. Kandungan ini adalah agen antiinflamasi dan antikoagulasi (pengencer darah) yang dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Efek antikoagulasi ini juga dapat meningkatkan aliran darah, termasuk ke dalam rahim dan lapisannya. Adapun manfaat lainnya, yakni menurunkan potensi peradangan pada reproduksi wanita, seperti endometriosis.

Dari beberapa kondisi tersebut, hal ini dapat membuat terciptanya lingkungan yang sehat untuk implantasi embrio. Itu adalah proses menempelnya embrio di dinding rahim setelah terjadi proses pembuahan.

Meningkatkan pertumbuhan rambut

Kandungan vutamin B1 dan B6 dalam buah tropis ini, membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontakannya, Selain itu, vitamin C yang terkandung di dalam nanas juga berkontribusi penting untuk membuat rambut lebih bersih dan berkilau.

Mengurangi masalah selama periode menstruasi

Adanya enzim bromelain yang terkandung di buah nanas dapat membantu meluruhkan lapisan rahim. Kandungan ini juga bekerja dalam meningkatkan dan membantu melencarkan menstruasi yang enggak teratur.

Menurunkan risiko kanker

Selain itu, senyawa bromelain di dalam nanas juga dapat mengurangi kanker. Kandungan ini bekerja dengan meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan.

Meningkatkan stamina seksual

Manfaat nanas lainnya adalah meningkatkan stamina seksual. Bagi wanita yang susah mengalami orgasme dan rendah libido, makan nanas mampu meningkatkan lubrikasi. Manfaat nanas ini berasal dari tiamin dan vitamin C.

Nah itu dia deretan manfaat nanas bagi kesehatan wanita! Semoga bermanfaat ya.

Artikel Pilihan