Menu

Cara Mengobati Sakit Gigi Akibat Gusi Bengkak dengan Air Garam, Dijamin Ampuh Beauty!

20 Juli 2023 18:50 WIB

Ilustrasi sedang sakit gigi. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Masalah gusi bengkak memang sering terjadi pada banyak orang. Tapi tahukah kamu Beauty, ternyata menurut dr. Arrum Putri Amalia dalam diskusi di laman Alodokter menjelaskan jika penyebab itu terjadi karena plak gigi hingga karena tak cocok dengan pasta gigi yang digunakan loh.

"Keluhan gusi yang bengkak dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab, seperti penumpukan plak gigi, infeksi bakteri, kekurangan vitamin, ataupun karena ketidakcocokan terhadap pasta gigi atau obat kumur tertentu," ujar dr. Arrum menjelaskan.

Sementara itu, untuk cara mengobatinya secara alami, kamu bisa menggunakan air garam untuk meredakan pembengkakkan dan menghilangkan bakteri loh.

"Untuk mengatasinya anda boleh berkumur dengan larutan air garam untuk membantu mengurangi pembengkakan dan menghilangkan bakteri di mulut," ujarnya lagi.

Selain itu kompres menggunakan air dingin dan berkumur dengan obat yang mengandung lidah buaya tanpa alkohol hingga minum air putih pun bisa loh meredakan gusi bengkak.

"Anda juga dapat mengompres dingin gusi yang bengkak, berkumur dengan obat kumur yang mengandung lidah buaya tanpa alkohol, serta memperbanyak konsumsi air putih untuk meningkatkan produksi air liur yang dapat membantu melemahkan bakteri penyebab gusi bengkak," ujar dr. Arrum lagi.

Untuk mencegah hal buruk terjadi, Beauty juga perlu pencegahan, coba untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut ya.

"Untuk mencegah perburukan gejala, anda perlu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan rutin menyikat gigi minimal 2 kali sehari, hindari rokok dan alkohol, konsumsi makanan tinggi vitamin C, dan tidak mengonsumsi makanan yang terlalu panas atau dingin," saran dr. Arrum.

Namun jika tak kunjung sembuh, sebaiknya segera hubungi dokter ya Beauty.

Artikel Pilihan