Menu

Awas Kolesterol Mengintai! 5 Minuman Ini Dipercaya Ampuh Usit Lemak Jahat di Tubuh, Ada Susu Kedelai Hingga Teh Hijau

20 Juli 2023 20:15 WIB

Illustrasi teh hijau. (Unsplash/Jia Ye)

HerStory, Jakarta —

Kadar kolesterol tinggi bisa membahayakan kesehatan tubuh. Pasalnya, kondisi tersebut bisa menyebabkan berbagai penyakit serius, mulai dari strok, penyakit jantung, tekanan darah tinggi yang bisa sebabkan kematian.

Jika kamu memiliki kadar kolesterol yang tinggi, wajib menjaga asupan makanan dan minuman.

Nah, beberapa jenis minuman alami ini diyakini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yang terlalu tinggi di dalam darah, apa saja? Yuk simak artikel berikut!

1. Kunyit asam

Salah satu minuman yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol, yakni kunyit asam. Pasalnya, minuman herbal ini memiliki kandungan kurkumin yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan total kolesterol dalam darah.

Menurut penelitian dalam Nutrition Journal pada tahun 2017 menyebutkan bahwa kadar kolesterol pada orang yang mengonsumsi kurkumin cenderung menurun dibanding yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

2. Teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu minuman yang dianggap dapat menjadi penurun kolesterol. Pasalnya, teh hijau merupakan minuman yang mengandung catechins, polifenol aktif yang dapat membantu melindungi organ jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Menurut penelitian yang dimuat pada Nutrition Journal, bahwa mengonsumsi teh hijau dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan total kolesterol di dalam darah. Hal tersebut pun berlaku baik pada orang yang memiliki berat badan normal maupun obesitas.

3. Jus apel

Ada jenis buah-buahan yang memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam darah. Salah satu jenis buah yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol, yakni apel.

Mengonsumsi jus apel yang memiliki kandungan serat dan polifenol yang dapat meningkatkan kesehatan organ jantung, termasuk menurunkan kolesterol. Polifenol yang ada di dalam minuman penurun kolesterol ini dapat mencegah penumpukan kolesterol jahat (LDL) pada pembuluh darah arteri.

Perlu diketahui, bahwa penumpukan tersebut dapat memicu beberapa masalah kesehatan seperti serangan jantung ataupun stroke.

4. Jus jeruk

Salah satu buah yang dianggap dapat menurunkan kadar kolesterol jika dikonsumsi secara rutin adalah jeruk. Jus jeruk memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, khususnya flavonoid, carotenoid, dan asam askorbat.

Mengonsumsi jus jeruk secara rutin dapat membantu menurunkan kadar total kolesterol dan kolesterol LDL dalam darah. Namun, untuk merasakan manfaatnya, Genpiple harus rutin mengonsumsi setidaknya 750 mililiter (ml) jus jeruk setiap hari selama lebih dari 12 bulan atau satu tahun lamanya.

5. Susu kedelai

Salah satu minuman yang bisa menurunkan kolesterol adalah susu kedelai. Susu kedelai sangat berpotensi menurunkan kolesterol yang tinggi dalam darah. Rutin mengonsumsi setengah gelas susu kedelai setiap hari, kolesterol LDL dalam darah dapat turun hingga 5-6 persen.