Menu

Agar Kulit Wajah Glowing, Ini 6 Cara Pakai Retinol untuk Pemula yang Tepat dan Wajib Diperhatikan, Jangan Sampai Salah Ya!

21 Juli 2023 02:55 WIB

Ilustrasi menggunakan retinol. (Freepik/mishabeliy)

HerStory, Jakarta —

Salah satu produk kecantikan yang banyak digandrungi adalah retinol yang merupakan bentuk vitamin A dan memiliki banyak kegunaan dan juga manfaat untuk perawatan wajah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu saja kamu harus tahu cara memakai retinol yang baik dan benar Beauty!

Biasanya, retinol digunakan untik mengobati jerawat dan memiliki efek mencegah penuaan dini. Oleh sebab itu, retinol mulai dicari banyak orang karena manfaatnya sangat bagus saat digunakan secara rutin.

Perlu diingat, setiap menggunakan produk skincare baru seperti retinol juga harus dites sedikit pada kulit. Hal tersebut bertujuan untuk cek hasil retinol tersebut bersaksi negatif atau aman dikulit.

Mengutip berbagai sumber, Jumat (21/7/2023), berikut ini penjelasan cara pakai retinol bagi pemula yang tepat dilakukan.

Cara Pakai Retinol untuk Pemula

1. Gunakan Retinol Pada Malam Hari

Perlu diketahui, sinar matahari dapat membuat kandungan vitamin A pada retinol menjadi tak efektif. Saat menggunakan retinol sebelum tidur malam, akan memaksimalkan hasilnya dan meresap ke dalam kulit.

2. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Sebelum menggunakan retinol, pastikan wajah sudah dibersihkan terlebih dahulu ya Beauty. Gunakan sabun cuci wajah yang lembut dengan air hangat, kemudian bisa didiamkan selama 30 menit hingga wajah menjadi kering.

Setelah dirasa wajah sudah bersih dan kering, baru bisa ke tahap berikutnya. Jangan lupa untuk menepuk-nepuk wajah perlahan dan pijat halus area wajah.

3. Oleskan Retinol di Sekitar Wajah

Setelah wajah terasa lebih bersih dan segar, barulah bisa menggunakan retinol dengan tepat. Cara pakai retinol memang tak bisa sembarang, harus mengikuti aturan yang benar untuk hasil maksimal.

Oleskan retinol seukuran kacang polong di wajah, lalu jauhkan retinol dari sudut mata dan sudut mulut karena dapat menumpuk dan menyebabkan lebih banyak iritasi di sana.

4. Lanjut dengan Pemakaian Pelembab Wajah

Tepuk ringan wajah yang sudah menggunakan retinol hingga meresap sempurna. Bisa juga menunggu 20 menit sebelum memakai pelembab. 

Cukup gunakan pelembab seujung jari saja, kemudian oleskan secara merata yang menjadi cara pakai retinol dengan benar untuk terlindungi dan terhidrasi.

5. Gunakan Retinol Setiap 2 atau 3 Hari Saja

Setelah retinol menyerap ke dalam kulit, maka membantu meningkatkan pertumbuhan kolagen dan pergantian sel. Dengan ini, akan menyebabkan sedikit pengelupasan pergantian kulit.

Gunakan retinol dalam beberapa hari, untuk melihat reaksi retinol pada kulit wajah. Pastikan tak mengalami iritasi setelah menggunakannya beberapa kali.

6. Hindari Cara Pakai Retinol Secara Bersamaan dengan Bahan Peeling

Selama menggunakan retinol, usahakan tak menggunakan produk perawatan pengelupasan kulit. Seperti scrub, peeling, atau mikrodermabrasi.

Selain itu, juga harus menghindar produk skincare lain dengan bahan yang bisa membuat kulit terkelupas, misalnya AHA (alpha-hydroxy acid), BHA (beta-hydroxy acid), asam salisiliat, dan vitamin C.

Penggunaan skincare yang dilakukan bersamaan dengan retinol akan membuay kulit menjadi iritasi luka, atau mengalami breakout. Jadi bisa digunakan secara bergantian dan bukan di hari yang sama.

Manfaat Menggunakan Retinol secara Rutin

Setelah mengetahui cara pakai retinol yang tepat bagi pemula, selanjutnya yaitu mengetahui manfaat menggunakan retinol tersebut pada wajah.

Berikut ini manfaat memakai retinol, antara lain:

  • Mencegah keriput
  • Mencerahkan kulit
  • Mengurangi jerawat
  • Menyamarkan flek hitam di wajah
  • Melawan tanda penuaan

Itulah informasi lengkap mengenai cara pakai retinol untuk pemula yang tepat dan benar. Jika memang ingin memiliki kulit lembut dan cerah, maka harus rutin menggunakan skincare sesuai dengan kondisi wajah. Selamat mencoba Beauty!

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan