Menu

Rambut Rontok Selama Diet, Cuss Simak Penyebab hingga cara Mengatasinya Berikut Ini, Jangan Keliru Ya Beauty!

24 Juli 2023 18:15 WIB

Ilustrasi wanita yang sedang melihat rambut rontok disisir.(Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Perjalanan penurunan berat badan menang gak semudah kelihatannya. Butuh waktu, kesabaran, dan dedikasi tinggi untuk mengusir lemak-lemak jahat di tubuh. 

Gak hanya itu, selama prosesnya juga terdapat efek sampung yang terhadi. Salah satunya adalah kerontokan rambut yang berlebihan. 

Tentunya, ini membuat kepercayaan diri kamu menurun karena rambut mengalami penioisan, baik itu secara perlahan maupun ekstrem. Lantas apa sebenarnya penyebab kerontokan rambut saat proses diet?

Mengutip dari Food NDTV, Senin (24/7/2023) penyebab utama kerontokan rambut saat diet adakah kurangnya nutrisi. Seperti kita ketahui, demi mencapai berat tubuh ideal, sejumlah makanan perlu dikurangi.  

Tubuh kita membutuhkan protein dan kalori yang cukup untuk menyehatkan folikel rambut agar tetap sehat. Sayangnya, saat membatasi asupan makanan, kita sering mengabaikan nutrisi dalam tubuh. 

Ini secara langsung mempengaruhi metabolisme, mencegah darah dan oksigen mencapai folikel rambut. Fenomena ini semakin melemahkan akar rambut dan menyebabkan rontok.

Selain kurangnya nutrisi, masalah lain dari rambut rontok saat diet adalah stres. Tak dipungkiri Beauty, membatasi asupan terkadang membuat kita stres karena gak bisa makan apa yang dimau.  

Belum lgi aktivitas fisik yang harus dilakukan. Stres emosional dan fisik menyebabkan ketidakseimbangan hormon, yang secara langsung mempengaruhi folikel rambut. 

Ini terjadi ketika orang melakukan diet ketat untuk menurunkan berat badan dalam waktu lebih singkat. Nah, biar rambut gak rontok saat diet, berikut ini tips menurunkan badan dengan sehat. 

1. Buat Proses Perencanaan Makan dan Aktivitas

Menurut para ahli kesehatan, satu-satunya cara untuk mencegah rambut rontok saat diet adalah membuat perencanaan pola makan dan aktivitas. Konsultasi dengan ahli diet terkait keseimbangan asupan nutrisi beserta aktivitas yang cocok untuk tubuh. 

2. Jangan Menghilangkan Kalori

Saat diet, kalori seolah menjadi musuh tubuh ya Beauty. Padahal, kalori masih dibutuhkan meski kamu sedang menurunkan berat badan, hanya saja, porsinya dibatasi. 

Tubuh kita membutuhkan sejumlah kalori secara teratur untuk menciptakan energi. Menghilangkan kalori sepenuhnya membuat kamu merasa stres dan mudah lelah yang semakin mempengaruhi kesehatan rambut.

3. Hindari Diet Ketat

Pakar kesehatan selalu menyarankan, tubuh kita membutuhkan setiap jenis nutrisi dalam jumlah tertentu untuk berfungsi dengan lancar. Membatasi satu nutrisi tertentu dapat menyebabkan defisit dalam tubuh.

Diet ketat mungkin menunjukkan hasil langsung, tetapi dalam jangka panjang, tubuh akan mengalami beberapa efek samping dan bahaya kesehatan.

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani

Artikel Pilihan