Menu

7 Jenis Sayuran yang 'Haram' Dipanaskan Ulang, Awas Bisa Berubah Menjadi Racun dan Picu Penyakit Kanker!

25 Juli 2023 06:25 WIB

Kentang (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Sayuran menjadi salah satu menu yang sering disajikan di rumah bukan, Moms? Apalagi bagi Moms yang masih memiliki anak kecil, di mana sayur dipercaya kaya akan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembangnya.

Tapi tahu enggak sih Moms, ada banyak jenis sayuran yang ternyata jikan dipanaskan ulang berbahaya lho. Bisa dibilang,'haram' hukumnya untuk memanaskan ulang menu makanan ini, terutama sayuran yang tinggi nitrat. Asam nitrat dalam sayuran ini dapat berubah menjadi senyawa racun dan bahkan bisa memicu kanker.

Penasaran apa saja jenis sayuran yang 'haram' untuk dipanaskan ulang? Mengutip dari berbagai sumber, Selasa (25/7/2023), ini tujuh di antaranya.

1. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang mengandung nitrat tinggi. Tapi ingat ya Moms, kandungan ini bisa berubah menjadi masalah jika dipanaskan.

Menukil dari Times of India, nitrat akan melepaskan efek karsinogenik beracun. Setiap kali kamu memanaskan kembali bayam, sayur ini menjadi semakin beracun.

2. Jamur

Jenis sayuran ini kaya akan protein, sebab itu strukturnya akan berubah saat dipanaskan kembali. Jamur yang kemblai dipanskann akan berisiko mengalami masalah pencernaan dan bahkan masalah jantung yang serius lho, Moms!

3. Kentang

Menjadi jenis sayuran favorit, kentang yang dipanaskan kembali akan mengeluarkan bakteri langka yang dapat menyerang kesehatan tubuh. Bahayanya, hal ini dapat menjadi racun, menyebabkan mual, atau bahkan keracunan makanan.

4. Brokoli

Sama seperti bayam, brokoli pun termasuk jenis sayuran yang tinggi akan nitrat. Jadi, ketika dipanaskan berulang kali bisa berubah jadi racun dan bisa memicu risiko kanker, lho Moms!

5. Seledri

sama seperti bayam dan brokoli, kandungan nitrat dalam seledri akan berubah menjadi nitrit yang bersifat karsinogenik bila dipanaskan kembali. Jadi, jangan dipanaskan ulang ya, Moms.

6. Kangkung

Dilansir dari laman Healthline, memanaskan sayuran terbukti dapat mengurangi vitamin dibandingkan dengan memakannya secara metah. Tak terkecuali dengan kangkung yang gizinya bisa menjadi nitrit dan karsinogen setelah dipanaskan ulang. Oleh sebab itu, jangan sekali-kali memanaskan ulang sayuran ini ya, Moms.

7. Lobak

Lobak menjadi salah satu bahan makanan yang bisa mengusir racun dari tubuh. Biasanya lobak diolah menjadi sayuran berkuah, tumis, acar, ataupun dimakan mentah-mentah. 

Namun, jika salah dalam mengolahnya, bukannya mampu untuk mengusir racun, tetapi lobak dapat menjadi racun berbahaya bagi tubuh.

Hal ini dikarenakan lobak juga kaya akan nitrat. Jika mengalami pemanasan secara terus menerus, kandungan nitrat akan berubah juga menjadi zat nitrit.

Zat nitrit ini termasuk dalam senyawa yang berada pada kategori karsinogen. Karsinogen ini apabila berada di dalam tubuh akan memincu timbulnya kanker.

Selain itu, perubahan zat itu akan menyebabkan tubuh menjadi keracunan dan menimbulkan sakit kepala, batuk, dan sulit berkonsentrasi.

Nah itu dia jenis sayuran yang enggak boleh dipanaskan kembali ya, Moms! Semoga bermanfaat!

Artikel Pilihan