Menu

Jangan Terpancing Emosi, Begini Cara Menghadapi Si Kecil yang Suka Melawan Orang Tua

15 Februari 2021 09:00 WIB

ilustrasi seorang anak yang sedang dimarahi ibunya. (Parenting.firstcry.com/Edited by HerStory)

HerStory, Bogor —

Sikap dan perilaku anak-anak memang banyak ragamnya, bahkan tak jarang hal-hal yang mereka lakukan dan tunjukkan dapat menguji kesabaran para orang tua. Namun, bagaimanapun perilaku si kecil, tentunya para moms harus menghadapinya dengan sabar bukan? 

Semakin bertambahnya usia anak, maka dirinya akan semakin sulit diatur, bahkan mereka pun mulai melakukan aksi perlawanan pada orang tua. Hal itu disebabkan oleh anak-anak yang sudah mulai memiliki pendapat dan keinginannya sendiri yang tentunya sering kali bertolak belakang dengan orang tua. 

Ketika anak melakukan perlawanan, tak jarang nih para moms akan merasa emosi dan memarahinya sehingga terjadi pertengkaran. Nah, untuk meminimalisir terjadinya pertengkaran antara kamu dan si kecil, HerStory punya beberapa cara yang bisa moms terapkan untuk menghadapi anak yang suka melawan orang tua. Untuk mengetahui informasinya, yuk simak pemaparan berikut ini! 

Tunjukkan empati 

Jika si kecil menunjukkan perlawanan, usahakan untuk tak terpancing emosi ya moms. Kamu perlu kendalikan emosi diri sendiri kemudian tanyakan pada dirinya apa alasan ia melakukan perlawanan. Beritahu juga padanya agar menyampaikan protes dengan baik tanpa berperilaku yang kasar. 

Ciptakan komunikasi yang baik

Ketika menjadi orang tua, kamu perlu juga untuk mendengarkan si kecil dan tak sekedar berbicara saja. Dengan menjadi pendengar yang baik, maka kamu akan memahami apa yang menjadi keinginan anak. 

Jangan memaksa 

Pastinya moms nggak suka kan jika dipaksa melakukan sesuatu? Begitu pula dengan si kecil. Anak yang sering dipaksa untuk melakukan sesuatu, pada umumnya akan tumbuh menjadi pribadi yang pemberontak. 

Beri contoh 

Tentunya moms harus ingat bahwa anak adalah peniru yang handal, oleh sebab itu para orang tua harus pintar-pintar menjaga sikap dan hindari melakukan perilaku yang buruk. Agar anak tak tumbuh menjadi pribadi yang pemberontak dan suka melawan, maka moms jangan tunjukkan perilaku tersebut dihadapannya ya. 

Nah, itu dia 4 cara menghadapi anak yang suka melawan orang tua. Ingat, hadapi dengan sabar dan jangan sampai terpancing emosi ya moms. Jika kamu menghadapinya dengan penuh emosi, hal itu hanya akan memperburuk suasana dan tak membuat si kecil menjadi lebih baik.