Menu

Buya Yahya Bahas Hukum Mencukur Bulu Kemaluan hingga Botak Menurut Islam, Sebenarnya Boleh Gak Sih?

25 Juli 2023 12:55 WIB

Ilustrasi wanita yang akan mencukur bulu kemaluan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Salah satu cara wanita menjaga kebersihan organ intimnya adalah dengan mencukur bulu kemaluannya. Lalu, apakah ada hukum Islam soal cara menjaga kebersihan ini? Bolehkan kita mencukurnya hingga habis tak tersisa?

Dalam suatu kajian, Buya Yahya membahas tentang mencukur rambut kemaluan. Ia mengatakan seperti bagian tubuh lainnya, rambut kemaluan diciptakan oleh Allah karena memiliki manfaat lho Moms.

"Allah menciptakan bulu atau rambut di area tersebut tentu ada hikmahnya, yakni untuk menjaga, sama seperti rambut di kepala," tutur Buya Yahya dikutip dari channel Youtubenya.

Lebih lanjut Buya Yahya menjelaskan bahwa mencukur rambut kemaluan merupakan bagian dari menjaga kebersihan diri. Sebab berbeda dengan rambut kepala, rambut kemaluan berada di area tertutup sehingga rentan lembap.

"Kalau di wilayah tersebut kena basah tapi di area tertutup, jika panjang (rambut kemaluannya) maka mudah kotor dan bisa jadi sarang aroma yang tidak bagus," jelasnya.

Berdasarkan ilmu fiqih, mencukur rambut kemaluan sampai botak boleh-boleh saja dilakukan asal tak terlalu sering. Cara mencukur terbaik adalah dengan memotongnya pendek tapi tak sampai habis.

"Jadi mencukur rambut kemaluan hukummnya sunnah karena bagian dari membersihkan dan merapikan diri. Jangan dibiarkan panjang, dipotong pendek saja," jelasnya lagi.

Sementara itu menurut Dr Rinky Kapoor mengutip Healthshots, mencukur rambut kemaluan bisa membuat wanita menjadi lebih percaya diri dan nyaman ketika mengenakan pakaian apapun. Tak hanya itu, mencukur bulu kemaluan juga memberikan berbagai manfaat lain, di antaranya sebagai berikut. Simak yuk Moms!

1. Menjadi lebih bersih

Mencukur bulu kemaluan dapat membuat area miss v menjadi lebih bersih. Pasalnya, jika bulu kemaluan lebat, keringat bisa membuat bakteri menjadi menempel. Hal tersebut dapat membuat bakteri berkembang serta timbulkan bau tak sedap. Oleh sebab itu, mencukurnya dapat memberikan hal baik bagi kesehatan.

2. Mencegah iritasi kulit

Mencukur bulu kemaluan dapat menghindari iritasi kulit. Namun, pastikan untuk mencukurnya dengan rapi. Hal tersebut dapat membuat tampilan miss v menjadi lebih bersih.

3. Menghidupkan seks

Dengan mencukur rambut kemaluan, itu dapat membuat kehidupan seks menjadi lebih baik. Hal ini karena pasangan akan melihat wanitanya dapat menjaga kebersihan area miss v. Hal itu akan membuat para pria menjadi lebih bergairah.

Artikel Pilihan