Menu

Jarang Disadari, Ini 7 Tanda Kelebihan Kafein pada Tubuh! Nomor 6 Paling Gak Nyaman!

25 Juli 2023 13:55 WIB

Coffee.(Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Untuk beberapa orang terlebih pecinta kopi, meminum kopi adalah kegiatan wajib yang harus dilakukan setiap hari. Namun siapa sangka karena terlalu sering mengkonsumsinya, tubuh juga bisa merasakan kelebihan kafein akibat dari terlalu banyak minum kopi lho Beauty!

Jika tak segera diketahui, kelak itu akan menjadi suatu penyakit yang berbahaya. Simak yuk beberapa tanda kalau tubuhmu kelebihan kafein dengan mengenali tanda-tanda berikut!

Kafein merupakan kandungan yang tak hanya terdapat pada kopi. Kafein merupakan zat alami tanaman yang memiliki efek stimulan, artinya kafein dapat meningkatkan beberapa proses tubuh seperti sinyal otak, detak jantung dan pernapasan. 

Dikutip dari beberapa sumber pada Selasa (25/7/2023), inilah tanda tubuh kelebihan kafein. Simak yuk Beauty!

7 Tanda Tubuh Kelebihan Kafein

1. Sulit untuk tidur

Salah satu tanda yang paling menunjukkan bahwa seseorang baru saja atau sedang mengonsumsi kafein adalah perasaan sulit tidur yang dialaminya. Kafein merupakan zat alami yang dapat meningkatkan detak jantung, sehingga, detak jnatung akan berdetak lebih kencang pada waktu yang lama dan dapat menyebabkan waktu tidur kamu terganggu. Dalam penelitian kesehatan, butuh waktu sekitar 5-6 jam untuk menghilangkan setengah dari kafein yang dikonsumsi dan sekitar satu hari untuk benar-benar membersihkan kafein dari dalam tubuh.

2. Asam lambung naik

Tanda tubuh kelebihan kafein adalah asam lambung naik. Mengonsumsi kafein secara berlebihan dapat menyebabkan asam lambung naik atau kumat. Kafein merupakan zat yang sangat asam yang menyebabkan asam lambung naik. Kondisi ini dapat terjadi karena kafein dapat menyebabkan otot di ujung kerongkongan menjadi rileks dan memungkinkan makanan dan asam lambung naik.

3. Sakit kepala

Selanjutnya, tanda tubuh kelebihan kafein adalah menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala dapat disebabkan karena kelebihan kafein. Kondisi ini dapat terjadi karena kafein dapat meningkatkan kerja saraf-saraf pada tubuh lebih cepat dari sebelumnya. Namun, faktanya kafein merupakan bahan umum dalam banyak resep dan obat sakit kepala yang dijual bebas karena dapat membantu obat bekerja lebih efektif. 

4. Sakit perut

Tanda tubuh kelebihan kafein adalah dapat menimbulkan diare. Kafein dapat menyebabkan diare karena merangsang saluran pencernaan dan menyebabkan sakit perut, mual serta diare. Selain itu, kafein memiliki sifat asam yang dapat mengiritasi lapisan perut dan menyebabkan kram di perut.

5. Sering buang air kecil

Kemudian, salah satu tanda tubuh kelebihan kafein adalah menjadi sering buang air kecil. Kafein dapat bertindak sebagai diuretik ringan yang bisa merangsang atau meningkatkan rasa ingin membuang air kecil pada beberapa orang. Sehingga mengonsumsi kafein secara berlebihan dapat meningkatakn dehidrasi bila tak diimbangi dengan mengonsumsi mineral yang cukup.

6. Tremor

Salah satu tanda tubuh kelebihan kafein adalah merasa tremor. Tremor yang ditimbulkan dari kafein bisa menyebabkan rasa gugup, goyah bahkan ingin pingsan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kafein karena dapat mempercepat sistem saraf pusat.

7. Gangguan berpikir

Terakhir, tanda tubuh kelebihan kafein adalah dapat membuat seseorang menjadi merasa berputar-putar atau sedikit pusing dan membuat sulit untuk bicara dengan benar. Kelebihan kafein dapat menyebabkan kondisi seperti mengonsumsi alkohol yang memabukkan. Untuk itu, penting untuk mengendalikan konsumsi kafein pada setiap harinya. 

Itulah sejumlah tanda tubuh kelebihan kafein. Semoga bermanfaat ya Beauty!

Artikel Pilihan