Menu

Bisa Dialami Siapa Saja, Ini 6 Tanda Stroke Ringan yang Harus Diwaspadai Moms, Jangan Sekali-kali Sepelein Kalau Gak Mau Menyesal!

25 Juli 2023 17:00 WIB

Ilustrasi sakit kepala. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Kmau pasti sering mendengar penyakit stroke kan Moms? Rupanya penyakit ini juga ada yang tergolong ringan atau yang sering disebut dengan transient ischemic attack (TIA).

Mengutip dari Healthline, Selasa (25/7/2023), stroke ringan atau ministroke terjadi ketika bagian otak mengalami kekurangan aliran darah sementara, Moms. Kondisi ini disebabkan oleh gumpalan darah di arteri yang terhubung ke otak.

Gumpalan tersebut bersifat sementara dan aliran darah bisa kembali normal dengan cepat. TIa ini menyebabkan gejala mirip dengan stroke biasa Moms. Akan tetapu, kondisi ini bisa sembuh dalam waktu singkat, yakni beberapa jam hingga 24 jam saja.

Stroke ringan bisa dialami siapa saja Moms. Untuk itu, kamu harus waspada jika mengalami beberapa kondisi berikut karena bisa menunjukkan gejala stroke ringan, seperti:

  • mati rasa pada wajah, tangan, serta kaki di satu sisi tubuh.
  • kesulitan memahami bahasa lisan.
  • susah buat berbicara.
  • pusing atau vertigo yang tidak bisa dijelakan.
  • kehilangan oenglihatan pada satu atau kedua mata.
  • penglihatan ganda atau penglihatan kabur.

Selain itu, gejala stroke ringan yang spesifik bergantung pada bagian otak akan menimbulkan beberapa kondisi, yakni:

  1. Jika kamu menderita stroke ringan di area otak yang mengontrol gerakan tangan, bisa jadi kamu akan mengalami kesulitan menulis Moms.
  2. Jika kamu mengalami stroke ringan di batang otak yang menampung pusat keseimbangan gaja berjalan, kontrol suara, dan gerakan mata, maka kamu akan mengalami vertigo, susah untuk berbicara, dan penglihatan ganda.

Untuk itu, jika kamu atau orang terdekatmu mengalami gejala yang telah disebutkan di atas, segera periksa ke dokter. Ini untuk mencegah gejala yang muncul lebih parah.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari

Artikel Pilihan