Menu

5 Racikan Bahan Alami yang Ampuh Merontokan Karang Gigi Membandel dan Sudah Mengeras, Bye Bye Mulut Bau!

26 Juli 2023 05:00 WIB

Ilustrasi gigi kuning. (Freepik/kroshka__nastya)

HerStory, Jakarta —

Meski sudah rutin menggosok gigi dua kali dalam sehari, hal itu terbilang belum cukup efektif untuk merontokan karang gigi. Plak atau karang gigi yang membandel dan sudah mengeras menjadi salah satu penyebab bau mulut dan nafas menjadi tak segar. 

Permasalahan gigi yang satu ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi, buat kamu yang setiap harinya bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Jangan sampai, gara-gara bau mulut membuat orang yang berada di sekitarmu menjadi tak nyaman.

Karang gigi merupakan olak yang disebabkan oleh makanan, minuman, garam mineral, dan bakteri yang menempel di gigi. Ada banyak cara untuk membersihkan karang gigi membandal dan sudah mengeras. Di antaranya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Penasaran bahan alami apa saja yang dinilai ampuh untuk merontokkan karang gigi? Menyadur dari laman NDTV, Rabu (26/7/2023), berikut lima di antaranya.

1. Jambu Biji

Buah dan daun jambu biji menjadi salah satu bahan alami yang dipercaya dapat menghilangkan olak dan karang gigi secara almi. Ledua mengandung anti-plak yang kuat dan efektif, serta dapat mengurangi pembengkakan pada gusi.

Cara membersihkan karang gigi dengan daun jambu biji, hanya oerlu mengunyah bersih setiap hari dan membuangnya, Ini akan mengurangi risiko penumpukan plak pada gigi. Selain itu, kamu juga bisa menaburkan garam di atas jambu biji mentah dan kunyah sekali atau dua kali sehari.

2. Kulit Jeruk

Selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan kulit jeruk. Mulai sekarang, kalau habis makan jeruk, kulitnya jangan langsung dibuang ya karena itu dipercaya dapat membersihkan karang gigi yang sudah mengeras.

Caranya pun mudah, Ambil sepotong kulit jeruk dan gosokkan pada gigi selama 2 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Ulangi cara ini dua atau tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Lidah Buaya

Selanjutnya ada lidah buaya. Caranya, gunakan secara bersamaan dengan bahan lain seperti teh gliserin, soda kue, minyak esensial lemon, dan secangkir air.

Ambil satu sendok teh gel lidah buaya, empat sendok teh gliserin, 5 sendok makan soda kue, minyak esensial lemon, dan secangkir air. Campur dengan baik dan gosok gigi dengan racikan bahan tersebut. Ulangi ini setiap hari sampai plak dan karang gigi hilang. Setelah itu lakukan ini setiap tiga sampai empat hari.

4. Soda Kue

Bahan alami lain yang bisa kamu manfaatkan adalah soda kue. Cukup siapkan soda kue, pasta gigi, garam (opsional), dan sikat gigi.

Campurkan soda kue dengan garam, atau cukup gunakan soda kue. Letakkan bahan campuran tersebut ke sikat gigi dan mulai menyikat gigi. Setelah itu, berkumur dengan air hangat.

Selain itu, bisa juga mencampur soda kue dengan pasta gigi dan mulai sikat gigi dengan campuran itu. Namun, jangan terlalu banyak menggunakan soda kue ini. Sebab, penggunaan yang berlebih bisa merusak enamel gigi.

Ulangi sebanyak dua kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal ya, Beauty.

5. Cuka Putih

Terakhi, kamu bisa menggunakan cuka putik. Cuka putih memiliki sifat anti bakteri yang dapat membantu menghilangkan plak dan karang gigi serta mencegah penumpukannya. Asam asetat dalam cuka putih mendorong demineralisasi enamel gigi.

Cara membersihkan karang gigi yang sudah mengeras dengan cuka, siapkan larutan cuka putih dan gunakan sebagai obat kumur secara rutin. Ambil setengah cangkir air, tambahkan 2 sendok teh cuka putih dan setengah sendok teh garam ke dalamnya. Aduk rata dan gunakan dua kali sehari untuk berkumur.

Semoga bermanfaat!

Share Artikel:

Oleh: Witri Nasuha

Artikel Pilihan