Menu

Resep Ramuan Herbal dari dr. Zaidul Akbar Ampuh Obati Asam Urat tanpa Obat-obatan Medis, Catat Begini Cara Mudah Membuatnya Moms!

26 Juli 2023 06:00 WIB

Ilustrasi asam urat (Freepik.com/EditedByHerstory)

HerStory, Jakarta —

Asam urat menjadi salah satu penyakit yang sering dikeluhkan saat ini. Bukan hanya diderita oleh orang tua, asam urat juga bisa mengintai anak muda karena pola makan yang buruk atau bahkan dikarekan faktor genetik.

Kondisi ini biasanya ditandai dengan nyeri tak tertahankan, pembengkakan, serta sensasi terbakar di area persendian. Penyakit ini umumnya menyerang persendian area jari tangan, pergelangan kaku, jari kaki, serta lutut.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit asam urat. Selain dengan obat-obatan medis, bahan herbal alami juga enggak kalah ampuh untuk meredakan sakit asam urat.

dr. Zaidul Akbar berbagi resep ramuan herbal untuk mengobati asam urat dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan, pun dengan cara membuatnya.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan: 

1 Batang ukuran ibu jari kayu manis

15 gram jahe merah

5 gram biji pala

5 butir kapulaga

5 butir cengkeh

4 lembar daun cocor bebek

600ml air

Setelah mengumpulkan semua bahan tersebut, cara mengolahnya pun cukup mudah dengan merebus semua bahan.

rebus air hingga menyisakan setengahnya atau 300 ml, setelah itu dinginkan dan disaring. Minum ramuan herbal ini 1 sampai 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Gimana mudah bukan?

Selain racikan herbal ala dr. Zaidul Akbar, penderita asam urat juga dapat membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan atau suplemen vitamin C dan hindari makanan tinggi purin seperti ikan sarden dan jenis daging. 

Banyak minum air putih dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi pada sendi akibat asam urat. Selain air putih, kamu dapat pula mengonsumsi cairan bening lainnya seperti kaldu atau teh herbal. Namun, untuk kadar banyaknya air, sebaiknya tanyakan pada dokter ahli agar dapat disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh.

Semoga bermanfaat ya!

Artikel Pilihan