Menu

Kaum Hawa Merapat.. Begini Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Menstruasi, Sering Kamu Alami?

25 Juli 2023 23:55 WIB

Ilustrasi nyeri saat menstruasi. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Umunya, wanita akan mengalami menstruasi setiap bulannya. Biasanya, seminggu atau beberapa hari menjelang menstruasi, wanita akan mengalami beberapa gejala sindrom pramenstruasi atau PMS. Salah satunya yaitu perut kembung.

Parahnya, gejala tersebut bisa sampai mengganggu aktivitas. Nah, berikut ini beberapa cara yang telah HerStory rangkum mengenai cara mengatasi perut kembung saat menstruasi. Apa saja?

1. Hindari makanan asin

Natrium dalam garam dapat meningkatkan jumlah air yang disimpan oleh tubuh, Beauty. Seperti diketahui, makanan asin dapat memicu penumpukan cairan sehingga menyebabkan perut kembung saat haid.

2. Minum banyak air

Jangan karena takut kembung, kamu malah menghindari minum air putih. Sebaliknya, pastikan minum banyak air pada hari-hari menjelang menstruasi. Beauty bisa membawa botol minum setiap bepergian dan rutin minum selama beberapa menit sekali.

3. Olahraga teratur

Ketika kamu sering mengalami perut kembung akibat gejala PMS, berolahraga teratur dapat membantu mencegah kondisi itu. Para ahli menyarankan untuk berolahraga ringan selama beberapa jam dalam seminggu, olahraga, atau olahraga berat selama satu jam dalam seminggu.

4. Kurangi asupan kafein

Penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Taibah University Medical Sciences menyatakan bahwa wanita yang memiliki kebiasaan mengonsumsi minuman berkafein lebih berisiko mengalami gangguan menstruasi.

Selain mengganggu pencernaan, alkohol dan kafein juga dapat menyebabkan perut kembung dan masalah menstruasi lainnya, seperti nyeri haid Beauty.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk mencegah perut kembung saat menstruasi. Selamat mencoba ya Beauty.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari