Menu

No Worries Beauty! Dokter Sebut Wanita Pengidap PCOS Tetap Bisa Hamil, Gimana Sih Caranya?

26 Juli 2023 09:55 WIB

Ilustrasi mengenali PCOD dan PCOS. (Freepik/serhii_bobyk)

HerStory, Jakarta —

PCOS atau polycystic ovary syndrome bisa dialami siapapun. Biasanya, wanita yang mengidap PCOS akan merasa gelisah karena disebut kesulitan hamil. Nyatanya hal itu gak benar lho Beauty! Siapa sangka ternyata PCOS bisa disembuhkan. Dengan apa?

Dokter kandungan Dr. dr. Muharam Natadisastra, Sp.OG., FER., menjelaskan bahwa kondisi PCOS bisa dihilang dan wanita bisa hamil asalkan mau melakukan gaya hidup sehat. Menurutnya, kebanyakan petrmpuan yang alami PCOS memang akibat pola hidup tak sehat.

"Penyeban PCOS itu 60 persen karena metabolik, terutama kegemukan. Tapi ada juga pasien PCOS yang kurus," kata dokter Muharam saat temu Media Rumah Sakit Pondok Indah di Jakarta, dikutip dari sindikasi konten suara.com pada Rabu (26/7/2023).

Wanita gemuk cenderung lebih mudah dihilangkan gangguan PCOS, caranya dengan menurunkan berat badan, kata domter Muharam. Sementara wanita yang kurus harus lebih mengelola gaya hidup, terutama rutin berolahraga.

"Kalau kurus harus olahraga untuk turunkan androgen, kemudian dengan berjemur memperbaiki metabolisme sehingga kecepatan dari keseimbanag hormon cepat," imbuhnya.

Hormon androgen dikenal juga sebagai 'hormon laki-laki', karena pada pria kadar hormon ini jauh lebih besar dibanding hormon lainnya. Secara umum hormon androgen mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan organ reproduksi atau organ seksual pria dan wanita.

Meski begitu, hormon androgen juga diproduksi dalam tubuh wanita, walaupun jumlahnya tak sebanyak pria. Hormon androgen juga memiliki fungsi penting bagi organ reproduksi wanita. Sayangnya dalam berbagai kasus, kondisi kadar hormon pria yang terlalu banyak pada wanita berisiko menyebabkan PCOS.

Hormon androgen yang berlebih pada penderita PCOS dapat mengakibatkan ovarium atau indung telur memproduksi banyak kantong berisi cairan. Akibatnya, sel telur tak berkembang secara sempurna dan gagal dilepaskan secara teratur (anovulasi). Kondisi itu yang kemudian mengganggu proses terjadinya kehamilan.

Sehingga, dokter Muharam mengingatkan bahwa pada dasarnya penyebab PCOS terjadi akibat gaya hidup tak sehat, seperti tak berolahraga, pola makan tak bergizi, hingga stres berlebihan.

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan