Menu

Rekomendasi 5 Bumbu Dapur yang Ampuh Basmi Semut, Murah dan Gampang Banget Moms, Nyesek Banget Baru Tahu..

26 Juli 2023 17:40 WIB

Lada hitam bubuk (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, semut ternyata merupakan salah satu hewan dengan populasi paling banyak di dunia. Dengan ukuran badan yang kecil, semut dapat menyelinap masuk ke area rumah hingga membentuk sarang di sana.

Tentu saja hal ini dapat mengganggu sebab kehadiran semut dapat mengontaminasi makanan hingga menginfeksi tubuh jika tergigit. Untuk itu, kamu perlu tahu nih Moms bagaimana cara membasmi semut.

Alih-alih menggunakan bahan kimia, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di dapur untuk mengusirnya. Lantas, bahan alami apa yang dimaksud? Yuk simak selengkapnya dalam artikel berikut ini Moms.

1. Bubuk merica dan cabai

Moms, aroma pedas dari bubuk merica dan cabai gak disukai oleh semut. Hewan ini akan enggan untuk mendekati area yang ditaburi kedua bubuk ini,

Kalau ada barisan semut atau sarangnya, Moms dapat menaburkan bubur merica dan cabai di sekitar situ. Dijamin, hewan ini akan langsung pergi dan meninggalkan sarangnya.

2. Bubuk kayu manis

Bubuk kayu manis atau cinnamon powder juga ampuh untuk membasmi semut, lho, Moms. Cara kerjanya juga mirip dengan bahan sebelumnya yaitu hanya cukup ditaburkan di area sekitar semut berada.

Jika ingin membersihkan bubuk kayu manis lebih cepat, Moms dapat mencampurkannya dengan essential oil. Dengan begitu, bubuk ini gak akan berantakan di lantai dan dapat dibersihkan dengan dilap saja. 

3. Lemon

Selanjutnya Moms dapat mengusir semut dengan menggunakan lemon atau perasan sari lemon di area yang banyak semutnya. Semprotkan cairan ini pada area paling berpotensi dijumpai semut, seperti pada ambang pintu, kusen jendela dapur, lubang retakan tembok, dan sebagainya.

Selain itu, Moms juga dapat menggunakan kulit buah lemon dengan memotongnya dalam ukuran kecil dan letakkan pada area pintu masuk dapur. Dengan teknik ini, dijamin semut gak akan berani masuk mendekati dapur karena bau khas dari lemon yang menyengat dan dibenci oleh semut.

4. Garam

Bubur dapur yang satu ini pastinya ada di rumah, bukan? Gundukan garam akan menghadang semut untuk keluar masuk. Pasalnya hewan ini gak dapat melewati gundukan garam, Moms. sebaiknya taburkan garam di area pinggir dapur dan teras rumah, ya.

5. Cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu bumbu dapur yang gak disukai oleh semut. Aromanya yang menyengat akan membuat semut langsung minggir, Moms.

Moms hanya perlu meletakkan beberapa biji cengkeh di area yang sering dikunjungi semut. Saat mencium aromanya, semut ataupun serangga lain akan langsung kabur, Moms.