Menu

Beauty Wajib Tahu! Ini Hukum Wudhu Tanpa Hapus Makeup, Sebenarnya Sah Gak Ya?

27 Juli 2023 10:55 WIB

Ilustrasi makeup wudhu friendly. (Jnjinnovation.com/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Biasanya para wanita akan menggunakan makeup waterproof agar tak luntur dan tak perlu retouch. Jika terkena air, makeup akan tetap stay dengan baik di wajah dan penampilan masih terlihat anggun.

Namun, bagaimana jika terkena air wudhu? Apa hukum Islam soal wudhu tanpa menghapus makeup?

Selain skincare, makeup sudah menjadi salah satu kebutuhan banyak orang, terutama kalangan perempuan. Hanya saja, tak sedikit juga yang mengkhawatirkan tentang penggunaan riasan wajah saat akan melaksanakan ibadah salat karena khawatir air wudhu tak meresap.

Bagaimana hukum Islam memandang hal ini? Supaya tak bingung, simak ulasan di bawah ini.

Apa hukum wudhu tanpa menghapus makeup?

Mengutip dari laman Konsultasi Syariah, membasahi anggota tubuh saat wudhu adalah kewajiban. Bahkan, pernah suatu waktu Nabi menyuruh seseorang wudhu kembali karena ada bagian anggota tubuh yang tak terbasahi.

Khalid bin Mi’dan menceritakan salah satu kisah Nabi tersebut seperti berikut.

"Rasulullah pernah melihat seseorang sholat sedangkan punggung kakinya mengkilap karena tidak terbasuh air wudhu seukuran sekeping dirham.Alhasil, Nabi Muhammad menyuruhnya mengulang kembali wudhunya." (HR Iman Ahmad dan Abu Dawud)

Sementara itu, seperti yang kita tahu, makeup waterproof memang diformulasikan supaya tahan terhadap air, bahkan keringat. Maka, dapat disimpulkan bahwa hukum wudhu tanpa menghapus makeup adalah tak sah.

Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk menghapus makeup sebelum berwudhu. Anjuran ini sebagaimana yang disebutkan oleh Syekh Abdulaziz Ibnu Baz-rahimahullah sebagai berikut.

"Jika makeup memiliki bentuk fisik (membentuk paisan) sehingga menghalangi sampainya air ke anggota tubuh, maka harus dihilangkan."

Meski anjuran tersebut memang banyak membahas hukumnya pada makeup waterproof, kamu tetap dianjurkan untuk menghapus segala bentuk riasan sebelum berwudhu.

Pasalnya, dalam salah satu kajian yang diunggah di kanal YouTube Al-Bahjah TV, Buya Yahya menyebutkan bahwa ketika air berubah atau bercampur dengan riasan, itu tak bisa digunakan untuk berwudhu.

Namun, hal ini berbeda dengan sisa warna dari bahan alami seperti kunir atau tinta bekas coblosan. Sebab, warna dari dua hal tersebut tak mengubah warna air, berbeda dengan lapisan makeup.

Share Artikel:

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan