Menu

5 Bahaya Ini Siap Mengintaimu Jika Terlalu Sering Konsumsi Jeruk Nipis, Waspada Ya Beauty..

27 Juli 2023 17:35 WIB

Jeruk Nipis (Pinterest/Mira Yaum)

HerStory, Jakarta —

Untuk meningkatkan imunitas tubuh supaya gak gampang sakit adalah dengan mengonsumsi makanan bervitamin C tinggi, salah satunya  jeruk nipis. Sayangnya tak banyak yang tahu, ternyata mengonsumsi jeruk nipis bisa menimbulkan malapetakan.

Meskipun jeruk nipis memiliki banyak manfaat bahkan disebut sebagai salah satu minuman terbaik dari alam. Namun, mengonsumsi jeruk nipis harus bijak karena efek sampingnya dapat menggangu kesehatan.

Berikut 7 efek samping jeruk nipis yang perlu kamu perhatikan, Beauty. Apa saja?

1. Gerd 

GERD juga dikenal sebagai gastroesphageal reflux disoder adalah gangguan pencernaan yang memengaruhi otot antara kerongkongan dan lambung. GERD dipicu oleh makanan pedas atau asam, dan air jeruk nipis dapat mengiritasi lapisan kerongkongan sehingga memperburuk GERD. 

Gejala-gejala GERD termasuk mual, nyeri ulu hati, dan muntah. 

2. Kerusakan gigi 

Bakteri alami berkembang di mulut yang membentuk plak gigi. Ketika jarang mencuci mulut setelah minum atau makan, bisa menumpuk plak dan gigi berlubang. 

Air jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat tinggi yang bisa menyebabkan pengikisan email gigi. Ketika pembusukan ini berlanjut ke dentin, kamu mungkin mulai mengalami kepekaan dan rasa sakit. 

3. Tukak lambung 

Tukak lambung adalah luka yang sangat menyakitkan yang ditemukan di lapisan lambung atau usus kecil. Tukak lambung terjadi ketika lendir tebal yang melapisi di dalam perut menipis. 

Asam sitrat dalam jeruk nipis berisiko menyebabkan tukak lambung sekaligus dapat mengiritasi lapisan lambung.  Gejala tukak lambung termasuk rasa sakit yang luar biasa di dalam perut, kembung, muntah dan penurunan berat badan yang tak terduga. 

4. Masalah selama kehamilan 

Konsumsi jeruk nipis yang berlebihan dapat memengaruhi perut, ini mungkin berdampak langsung pada janin. Bahkan kemungkinan tertular penyakit yang ditularkan melalui makanan meningkat selama kehamilan. Ini karena sistem kekebalan tubuh kamu sangat lemah saat hamil. 

kamu akan lebih rentan terhadap sakit maag dan penyakit akibat makanan selama masa kehamilan.  Terlalu banyak mengonsumsi jeruk nipis saat hamil dapat menyebabkan kram perut, gangguan pencernaan dan bahkan diare. 

5. Hemochromatosis 

Hemochromatosis adalah gangguan yang menonaktifkan tubuh dari penyerapan zat besi. Ini menghasilkan penumpukan garam besi dan deposisi pada jaringan yang menyebabkan komplikasi. 

Vitamin C dalam jeruk nipis juga disebut asam askorbat yang memengaruhi penyerapan zat besi dalam tubuh. Konsumsi vitamin C yang berlebihan dapat meningkatkan jumlah zat besi yang kamu serap dari makanan. 

Namun sisi negatifnya, juga menghalangi tubuh menyerap zat besi dan menghasilkan penumpukan besi di dalam tubuh. Gejalanya termasuk kelelahan, kelemahan, nyeri sendi dan gagal jantung. Ini adalah efek samping serius dari air jeruk nipis karena dapat menyebabkan kematian pada waktu tertentu.

Share Artikel:

Oleh: Nailul Iffah

Artikel Pilihan