Menu

Moms,Anak Sudah Mulai Bisa Berbicara? Latih dengan Hal-Hal Ini Ya...

15 Februari 2021 20:25 WIB

Seorang ibu menggendong anaknya. (Unsplash/Jonathan Borba)

HerStory, Jakarta —

Moms pastisenang kalau si kecil mulai bawel karena sedang belajar bicara. Moms bisa mulai dengan mengaajrkannya mengucap “ma-ma” atau “ba-ba” dan cara yang lainnya.

Kemampuan berbicara salah satu yang penting dalam tumbuh kembang anak. Siapa yang gak senang bila si kecil sudah mulai berbicara? Moms bisa mengajari dan memberi stimulasi agar anak mulai berbicara dengan mengajaknya berbincang.

Biasanya si kecil sudah mulai bisa berbicara pada usia 6 bulan, Moms dapat melatihnya dengan ucapan “ma-ma”. Lalu ketika sudah beranjak pada 12 bulan, Moms dapat melatihnya dengan kata-kata sederhana sehingga si kecil dapat merespon apa yang kamu bicarakan.

Moms tahu gak? Kalau anak yang berada dalam keluarga yang melatihnya banyak bicara cenderung memiliki IQ lebih tinggi daripada yang lainnya. Oleh karena itu, peran Moms dan keluarga sangat penting untuk tumbuh kembang anak.

Moms meskipun si kecil belum mengerti makna dari sebuah kata-kata, tetapi Moms bisa kenalkan kata-kata sederhana yang baik mulai sejak dini ya. Pada usianya si kecil akan lebih mudah menyerap hal-hal yang didengarnya.

Dilansir dari berbagai sumber (15/02/2021) mengenai cara melatih anak dalam berbicara, berikut tipsnya!

Mengajaknya Berbicara

Moms kamu bisa mulai mengajaknya berbicara. Hal ini bisa kamu lakukan seperti sebelum tidur, kamu bisa membicarakan hal-hal apa yang telah dilakukan si kecil sepanjang hari, mainan apa yang ia mainkan hingga dengan siapa ia bermain. Lakukan pembicaraan dua arah ya Moms. Jangan hanya sekadar menjahwab “iya” dan “gak”. Moms sebaiknya mengajukan banyak pertanyaan yang membuatnya lebih banyak berbicara.

Mengajukan Pertanyaan

Moms kamu bisa melatih ketangkasan berbicaranya dengan sering mengajukan pertanyaan kepada si kecil. Moms bisa memintanya mendeskripsikan suatu benda, seperti bunga, pohon, meja, kursi, dan lainya. Tanyakan juga kepada si kecil seperti “Ini namanya apa ya?” “Ini bentuknya apa ya”.

Selain itu, Moms juga bisa mengajaknya ke taman atau museum yang membuatnya tertarik dan banyak pengalaman baru yang dia dapatkan. Dengan hal yang baru yang ia lihat, dia bisa mengajukan banyak pertanyaan sehingga membuat berbicaranya semakin lancar.

Membacakan Cerita

Moms, jangan takut terlalu dini ya untuk membacakan anak cerita. Justru lewat buku-buku dan gambar, ketangkasan berbicaranya dapat terlatih. Selain itu, mengenalkan bucu sejak dini dapat mengenalkan si kecil terhadap buku dan mengembangkan kegemerannya melalui buku.

Mengarang Cerita

Setelah membacakan cerita, Moms bisa melatihnya dengan mengarang cerita bersama-sama. Buatlah cerita dengan memunculkan berbagai tokoh, konflik, dan petualangan. Moms bisa membuat cerita yang menarik bagi si kecil, misalnya kehidupan putri raja, dan lainnya.

Mendengarkan Musik

Hal ini juga sangat ampuh untuk melatih ketangkasan si kecil dalam berbicara. Moms bisa mengenalkannya lagu anak-anak seperti “Bintang Kecil”, “Topi Saya Bundar,” dan lainnya. Lewat musik, si kecil bisa belajar mengenai bahasa, irama, dan dunia di sekitar mereka.

Wah! Menyenangkan sekali ya Moms. Selalu dampangi si kecil ya dalam melewati proses tumbuh kembangnya.

Share Artikel:

Oleh: Rifani Indrianti