Menu

Makanan yang Boleh Dimakan Ibu Hamil Saat GERD Kambuh, Apa Aja Sih?

31 Juli 2023 10:10 WIB

Ilustrasi ibu hamil sedang makan buah pisang. (Freepik/hryshchyshen)

HerStory, Jakarta —

Moms, selama kehamilan penting bagi para ibu memerhatikan asupan yang akan dikonsumsi agar calon buah hati sehat selama dalam kandungan. Karenanya, ibu hamil dianjurkan untuk makan secara teratur dan memenuhi kebutuhan protein, buah dan sayuran yang seimbang.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Eka Hospital Bekasi, dr. Finna Hardjono, Sp.OG, ada beberapa makanan yang dapat meredakan GERD untuk ibu hamil, antara lain:

1. Jahe

Manfaat jahe untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan sudah bukan rahasia lagi. Ya, ini karena jahe memiliki sifat anti inflamasi ini dapat mampu redakan gejala GERD serta mengatasi mual di saat pagi hari.

2. Buah pisang

Makanlah buah pisang sebagai sarapan atau selingan sebelum makan berat, ini dilakukan karena pisang merupakan sumber potasium yang dinilai dapat menetralisir kadar asam lambung.

3. Sayuran daun hijau

Saat trimester ke-2 dan ke-3, mual di pagi hari umumnya sudah mereda, tetapi nafsu makan akan meningkat. Moms, disarankan untuk banyak konsumsi sayuran daun hijau.

Sayuran ini banyak nutrisi serat dan bersifat basa yang tidak menyebabkan GERD, sayuran daun hijau ini seperti kangkung, bayam atau seledri.

4. Gandum utuh

Gandum merupakan sumber karbohidrat kompleks seperti oatmeal dan beras merah. Gandum mengandung serat tinggi yang akan membuat ibu merasa kenyang serta meredakan.

5. Daging tanpa lemak

Daging ayam atau sapi tanpa lemak merupakan sumber protein hewani yang baik. Saat makan daging kulitnya harus dibuang dan diolah hingga benar-benar matang guna menghindari patogen bahaya untuk ibu dan janin.

Selain konsumsi makanan yang perlu diperhatikan, gaya dan pola hidup sehat juga perlu dilakukan, seperti:

1. Jangan makan berlebihan

Konsumsi makanan yang berlebihan akan memperburuk gejala GERD. Sebaiknya makan beberapa kali dalam satu hari dalam porsi kecil setiap kali makan, ini akan membuat makanan lebih mudah dicerna oleh tubuh.

2. Seimbangkan kadar nutrisi gizi

Seimbangkan kadar nutrisi gizi yang diperlukan ibu dan janin, jangan berlebihan yang mengakibatkan meningkatnya berat badan. Hal ini akan akan membuat tekanan pada perut yang terlalu besar yang akan memicu munculnya GERD.

3. Kenakan pakaian longgar

Mengenakan pakaian yang longgar dapat membuat tidak terlalu menekan perut. Pakaian yang ketatnya dapat menimbulkan gejala asam lambung.

4. Kurangi stres

Tingkat stres tinggi semakin memperlambat pencernaan dan membuat pencernaan lebih sensitif terhadap rasa sakit. Makanan akan semakin lama di dalam perut yang memberikan risiko peluang menjadi GERD.

Selain itu memperbaiki tingkat stres bertujuan agar tidak memberikan pengaruh yang buruk bagi janin yang sedang dikandung. GERD memang umum dialami selama masa kehamilan, tetapi tidak boleh dianggap enteng dan harus mendapat perhatian khusus.

Segeralah konsultasi dengan dokter jika mengalami GERD yang sudah kronis, guna diberikan pencegahan dan pengobatan yang tepat dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan untuk janin yang dikandungnya.

Share Artikel:

Oleh: Nailul Iffah

Artikel Pilihan