Menu

Hempas Bekas Jerawat, Ini 5 Skincare Alami yang Ajaib Bikin Wajah Mulus Seketika! Tertarik Coba?

31 Juli 2023 16:55 WIB

Wajah berjerawat. (Freepik/sri_sakorn42)

HerStory, Jakarta —

Masalah kulit seperti jerawat tentunya sangat mengganggu bagi beberapa wanita. Pasalnya, ini bisa membuat insecure dan bahkan bisa menurunkan rasa percaya diri kamu.

Mungkin beberapa orang mengira melakukan perawatan wajah sangat mahal. Terlebih, memakai skincare seringkali cocok-cocokan untuk kondisi kulit kita dan tentunya memerlukan uang yang tak sedikit.

Namun, jangan khawatir ya Beauty! Berikut ini ada beberapa bahan alami yang efektif untuk mengatasi bekas jerawat dan bisa kamu coba. Disadur dari healthline.com, allure.com, dan prevention melalui sindikasi konten suara.com. Simak yuk cara efektifnya!

1. Masker Madu

Madu adalah bahan alami yang kaya akan antioksidan dan antibakteri. Masker madu membantu membersihkan kulit, meredakan peradangan, dan memudarkan bekas jerawat. Oleskan madu ke area bekas jerawat dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

2. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi, yang membantu melawan radikal bebas dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Gunakan kantung teh hijau bekas yang sudah direndam dalam air dingin. Kemudian kompres pada bekas jerawat selama beberapa menit untuk mengurangi peradangan dan kemerahan.

3. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah buaya adalah bahan alami yang memiliki sifat untuk melembapkan kulit. Gel lidah buaya membantu menghilangkan bekas jerawat dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Oleskan gel lidah buaya segar secara langsung pada bekas jerawat dan biarkan meresap selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah pelembap alami yang dapat membantu melembutkan kulit dan mengurangi penampilan bekas jerawat. Oleskan sedikit minyak kelapa pada bekas jerawat dan pijat dengan lembut untuk membantu penyerapan. Biarkan minyak kelapa meresap dan bersihkan wajah dengan air hangat.

5. Air Lemon

'Lemon mengandung asam sitrat yang membantu menghilangkan sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Gunakan Air lemon segar sebagai toner dengan kapas pada area bekas jerawat. Hindari paparan sinar matahari langsung setelah mengaplikasikan Air lemon karena dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar UV.

Meskipun bahan-bahan alami ini aman bagi sebagian besar orang, lakukan tes patch terlebih dahulu pada area kecil kulit untuk memastikan kamu tak memiliki reaksi alergi. Jika kamu memiliki kulit sensitif atau masalah kulit yang serius, konsultasikan dengan dokter kulit sebelum menggunakan bahan-bahan alami ini.

Penggunaan skincare alami yang mudah ditemui di sekitar rumah merupakan alternatif yang efektif dan terjangkau dalam menghilangkan bekas jerawat. Tetap konsisten dengan perawatan alami ini dan ingatlah untuk menjaga kebersihan kulit serta pola makan yang sehat agar kulit kamu tetap bersinar dan sehat secara alami. 

Artikel Pilihan