Menu

Lakukan 5 Olahraga Ini Kalau Ingin Punya Umur Panjang!

16 Februari 2021 16:20 WIB

Ilustrasi Wanita Sedang Berolahraga (Freepik/Cookie_Studio)

HerStory, Bandung —

Rajin berolahraga membuat tubuh semakin sehat dan menurunkan risiko berbagai penyakit. Sehingga kesempatan bertahan hidup pun lebih panjang.

Untuk itu, ada beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan untuk menambah potensi hidup lebih lama. Dilansir dari berbagai sumber, (16/02/2021) berikut adalah lima jenis olahraga yang mesti kamu lakukan

Naik turun tangga

Pada tahun 2008 lalu, penelitian kecil di Swiss menemukan kalau naik turun tangga menurunkan risiko mati muda sebesar 15 persen ketimbang naik turun dengan eskalator. Ini artinya, naik turun tangga dengan jalan kaki memiliki dampak yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. 

Bersepeda

Bersepeda ke kantor adalah cara yang paling murah dan ramah lingkungan yang bisa dilakukan setiap hari. Selain itu, bersepeda juga ternyata termasuk dalam salah satu olahraga yang mampu memperpanjang usia.

Sebuah penelitian dari Copenhagen menyebutkan, kalau bersepeda dengan cepat juga memiliki kesempatan hidup lima tahun lebih lama. 

Berenang

Penelitian menyatakan kalau berenang secara rutin mampu menurunkan risiko kesempatan meninggal sebesar 50 persen. Bukan cuma itu, jika dibandingkan dengan orang-orang yang memilih berlari dan jalan kaki sebagai olahraga mereka, perenang juga memiliki angka mati muda yang relatif rendah.

Jalan cepat

Penelitian pada tahun 2011 memaparkan bahwa orang-orang yang berjalan dengan cepat memiliki usia yang lebih panjang.

Namun menurut peneliti, jalan cepat ternyata lebih menunjukkan indikasi usia seseorang daripada memperpanjang umur. Sebab semakin cepat berjalan, semakin sehat seseorang.

Meskipun demikian, jika kebiasaan ini dilakukan secara rutin, tubuh pasti akan lebih terbiasa untuk berjalan cepat dan terasa lebih bugar.

Berlari

Selain jalan kaki dan bersepeda, berlari juga termasuk olahraga yang dipercaya mampu memperpanjang usia. Namun berlari perlu dilakukan secara teratur, meskipun durasinya nggak terlalu lama. Berlari satu setengah jam selama lima kali dalam seminggu bisa meningkatkan kesempatan bertahan hidup hingga empat tahun lamanya.