Menu

Jadi Upaya Bangkitkan Ekonomi, Program #NgeShortsBareng Kemenparekraf Sukses Wadahi 300 UMKM, Ini Target Selanjutnya...

02 Agustus 2023 09:41 WIB

The Weekly Brief With Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat. (Dok. Istimewa/Kemenparekraf)

HerStory, Jakarta —

Program #NgeShortsBareng dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang digelar sejak September 2022 sudah sukses mewadahi 300 UMKM.

Di setiap kota, setidaknya ada 30 produk lokal yang dibantu oleh para konten kreator lewat YouTube Shorts untuk dipromosikan.

“Dari 11 kota dengan lebih dari 4.000 kreator turut berpartisipasi. Program #NgeShortsBareng sejauh ini telah mengakselerasi, mempromosikan destinasi wisata Indonesia, dan mendorong pengembangan konten kreator,” kata Menparekraf Sandiaga Uno saat “The Weekly Brief With Sandi Uno" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (31/7/2023).

Menurut data Impact Report tahun lalu, Menparekraf sandiaga menjelaskan bahwa ada sebanyak 76 persen UMKM dengan channel YouTube setuju bahwa YouTube berperan dalam membantu mereka mengembangkan basis pelanggan dengan menjangkau pemirsa baru. 

“UMKM di Indonesia dapat membuat channel YouTube untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan membangun brand awareness, sehingga membantu mereka meningkatkan pendapatan dan meraih kesuksesan," jelas Menparekraf Sandiaga.

"Selain itu, membantu mengurangi kesenjangan dengan membuka peluang untuk bisnis apapun, baik di metropolitan maupun di pedesaan, membuat channel tanpa biaya, dan membuka kesempatan menghasilkan pendapatan,” lanjutnya.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Muhammad Neil El Himam mengatakan, ketika channel bertambah besar, demikian pula jumlah kru yang direkrut dalam produksi konten. Ekosistem kreatif di Indonesia pun menjadi lebih kuat, dan hal ini berdampak positif pada terbukanya lapangan kerja.

“Belajar dari pengalaman sekarang, terdapat 70 ribu video konten dari 4.000 kreator, ini dampaknya luar biasa. Tahun depan akan ditambah target pesertanya, kami harap bisa mencapai 10 ribu video dari konten kreator, kami yakin digital konten menciptakan kreativitas tanpa batas sebagai upaya mendorong para pelaku UMKM atau mendorong aktivitas produksi konten agar lebih menarik,” ujarnya.

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita