Menu

Gak Bikin Sehat, Konsumsi Vitamin C Berlebihan Malah Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Moms, Ini 3 Bahayanya..

02 Agustus 2023 14:50 WIB

Ilustrasi wanita sedang minum vitamin (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beberapa orang memerlukan asupan suplemen tertentu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satunya seperti mengonsumsi vitamin C. Sebenarnyam, vitamin ini juga bisa diperoleh dari konsumsi buah jeruk atau stroberi.

Namun, ada pula yang memilih suplemen untuk mendapatkan vitamin C. Meskipun bisa membuat tubuh semakin sehat, tapi vitamin C juga tidak bisa dikonsumsi secara berlebihan Moms.

Sebab, jika dikonsumsi secara berlebihan justru bisa menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan. Apa saja? Berikut ini beberapa efek buruk jika kamu terlalu berlebihan mengonsumsi vitamin C.

1. Ketidakseimbangan nutrisi

Salah satu dampak yang terjadi akibat tubuh kelebihan vitamin C yakni nutrisi yang tidak seimbang. Ini karena terlalu banyak vitamin C bisa mengganggu fungsi tubuh untuk mengolah nutrisi lainnya.

Sebagai contoh, vitamin C dapat menurunkan kadar vitamin B12 dan tembaga dalam tubuh. Hal ini tentu bisa memicu masalah baru terhadap kesehatan, seperti kekurangan vitamin B12.

2. Masalah pencernaan

Berikutnya kelebihan vitamin C yakni menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan. Namun, efek samping ini tidak terjadi akibat konsumsi makanan yang mengandung vitamin C, melainkan akibat vitamin C bentuk suplemen. 

Ada pun beberapa gejala penyakit pencernaan yang disebabkan oleh suplemen vitamin C meliputi diare, mual atau muntah, heartburn, serta nyeri perut.

3. Membentuk batu ginjal

Terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin C juga dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan oksalat dan asam urat dalam urine. Kedua senyawa ini dapat memicu pembentukan batu ginjal.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari

Artikel Pilihan