Menu

Ini Lho Jenis-jenis Bahan Kerudung, Beda Bahan, Beda Karakternya, Harus Paham Sebelum Beli, Beauty!

03 Agustus 2023 22:55 WIB

Koleksi Delarosa Vanilla Hijab. (Dok. Istimewa/Vanilla Hijab)

HerStory, Jakarta —

Meningkatnya tren fesyen membuat sejumlah model hijab semakin meningkat. Kini para Muslimah juga semakin disuguhkan dengan berbagai model hijab yang semakin beragam.

Bukan hanya modelnya yang beragam, namun juga pilihan bahan hingga warna yang bervariasi. Berbeda bahan, berbeda pula karakteristik hijab yang digunakan.

Nah, sebelum beli, baiknya Beauty paham mengenai bahan beserta karakteristiknya, ya!

Bahan sifon

Hijab dengan bahan ini banyak digandrungi para Muslimah karena teksturnya yang licin, tipis namun tak menerawang. Bahan ini terbuat dari kapas serat sintetis dan juga sutra.

Pemilihan bahan hijab sifon sangat cocok untuk aktivitas sehari-hari karena karakteristiknya yang ringan dan lembut.

Bahan silk

Bahan silk atau satin saat ini banyak digunakan oleh para remaja. Dengan karakter bahan yang licin dan mudah jatuh, bahan silk cocok digunakan di acara-acara mewah karena memberikan kesan elegan.

Bahan voal

Voal memiliki tekstur yang ringan dan halus, sehingga nyaman digunakan untuk beraktivitas di luar ruangan. Bahan ini juga tak mudah kusut saat digunakan, sehingga sangat cocok digunakan untuk berpergian.

Bahan ceruti

Memiliki tekstur yang mirip dengan sifon, bahan ceruti memiliki karakteristik yang lembut dan mudah dibantuk saat dipakai. Hijab dengan bahan ini juga menjadi salah satu model hijab yang banyak dicari para Muslimah.

Bahan katun

Sama seperti bahan katun pada pakaian yang nyaman digunakan, penggunaan bahan ini untuk bahan pembuat hijab pun merupakan langkah yang baik. Untuk penutup kepala, penting memilih bahan yang nyaman digunakan.

Bahan katun sangat mudah menyerap keringat, tak mudah kusut ataupun berbulu, serta memiliki ketebalan yang lebih jika dibandingkan dengan bahan hijab lain.

Bahan spandex

ahan hijab juga banyak dipilih penggunaan jilbab sehari-hari. Banyak hijaber memilih jilbab dari bahan spandek tentu saja karena hijab ini mudah sekali dikreasikan. Bahannya sangat mudah dibentuk, bahkan ketika yang memakai adalah para pemula sebab teksturnya elastis. 

Bahan spandek ini punya tekstur yang mirip dengan bahan kaos hanya saja permukaannya lebih mengkilap. Untuk tekstur hijab halus dan lentur serta tetap nyaman dipakai. Jilbab spandek cukup mudah dalam penyerapan keringat sehingga cocok digunakan saat cuaca panas.