Menu

Masalah Kewanitaan, Makan Tepung Berlebihan Ternyata Bisa Picu Keputihan Gak Normal? Begini Penjelasan Lengkap dr. Zaidul Akbar!

04 Agustus 2023 15:00 WIB

dr. Zaidul Akbar (YouTube dr. Zaidul Akbar/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Keputihan menjadi kondisi normal yang dialami oleh wanita. Keputihan merupakan cairan atau lendiri bening yang keluar dari vagina dan biasanya berwarna putih atau bening dan berbau serviks.

Namun, keputihan juga menjadi masalah kewanitaan apalagi bila keluar secara tidak normal. Keputihan enggak normal atau berbahaya ditandai dengan jumlah keputihan yang keluar lebih banyak, berwarna kekuningan, hijau, cokelat hingga keabu-abuan. 

Bukan hanya itu, keputihan yang enggak normal juga ditandai dengan bau yang tak sedap dan diiringi rasa gatl maupun iritasi pada area vagina.

Ada banyak penyebab terjadinya keputihan pada wanita, salah satunya dari asupan makanan yang dikonsumsi. Dan tahu enggak sih Beauty, mengonsumi makan makanan yang mengandung banyak tepung ternyata bisa menjadi pemicu keputihan enggak normal, lho!

dr. Zaidul Akbar lewat YouTube milikinya menjelaskan, keputuhan yang enggak normal itu muncul karena adanya ketidakseimbangan dalam tubuh

Keputihan enggak normal ini terjadi karena adanya perubahan pada pH (derajat keasaman) pada darah atau perubahan pH tubuh.

Ahli kesehatan sekaligus pendakwah ini menjelaskan, ketika pH tubuh berubah, maka semua bagian tubuh lainnya akan bermasalah termasuk munculnya keputihan yang enggak normal bahkan bisa menyebabkan kanker.

Hal ini bahkan sudah terbukti secara ilmiah yang dibuktikan oleh seorang dokter peraih Nobel tahun 1930, yang mengungkapkan bahwa kanker itu hidupnya di lingkungan asam.

dr. Zaidul Akbar mengatakan makanan yang bertepung adalah salah satu jenis acid forming food atau makanan pemicu tingginya zat asam dalam tubuh.

Makanan pemicu zat asam dalam tubuh bisa menyebabkan lendir yang menganggu kinerja jantung dan organ lain di dalam tubuh, termasuk di antaranya menyebabkan keputihan enggak normal.

"Lendir itu kalau sudah muncul di badan, maka dia akan lengket dimana-mana, tidak hanya di saluran nafas, di jantung, di saluran pencernaan, semua dia bisa lengket, salah satu yang harus disingkirkan itu, tepung," papar dr Zaidul Akbar.

Bukan hanya itu, masalah lain yang dapat ditimbulkan adalah alergi pada tubuh.

"Termasuk alergi, alergi salah satu tanda tubuhnya terlalu banyak asam," kata dr Zaidul Akbar.

Makanan yang mengandung banyak tepung menjadi sumber masalah besar pemicu tingginya zat asam di dalam tubuh hingga menyebabkan berbagai masalah pada ke wanitaan, termasuk keputihan yang enggak normal.

"Asam itu muncul salah satunya dari acid forming food atau makanan-makanan yang membentuk asam. Salah satunya, tepung. Tepung itu sering saya sampaikan sebagai biang keroknya masalah- masalah ke wanitaan," tukas dr. Zaidul Akbar.

Sebab itu, dr. Zaidul Akbar menyaarankan untuk tidak berlebihan makan makanan bertepung untuk menghindari keputihan yang enggak normal terjadi.

Share Artikel:

Oleh: Witri Nasuha

Artikel Pilihan