Menu

Berawal dari Jual Jeans Buatan Sang Ayah di Kampus, Dian Fiona Berhasil Bangun Bisnis Jiniso, Intip Kisah Inspiratifnya Yuk!

04 Agustus 2023 10:55 WIB

Dian Fiona, Co-Founder JINISO. (Instagram/dianfiona)

HerStory, Jakarta —

Beauty, pasti kamu sudah gak asing lagi dengan merek produk fesyen Jiniso. Sebab, jenama fesyen yang satu ini sering kali mondar-mandir di media sosial.

Ngomongin soal Jiniso, Dian Fiona selaku Co-Founder Jiniso menceritakan kisah inspiratif yang dilalui sebelum membangun bisnis fesyen ini.

Menurut Dian, jeans atau denim menjadi salah satu pakaian yang dimiliki di lemari seseorang karena keunggulan yang dimiliki, yaitu mudah dicocokan dengan gaya berpakaian apapun. 

Hal ini menjadi salah satu latar belakang yang memprakarsai lahirnya Jiniso di tahun 2019 sebagai brand fashion lokal yang fokus memproduksi denim dan jeans fashion.

"Simple and timeless everyday style merupakan fashion style saya sejak dulu, sehingga fokus jeans JINISO sendiri merupakan gambaran atau representasi dari style pribadi saya," kata Dian dikutip HerStory dari keterangan resmi Shopee 8.8 Grand Beauty & Fashion Festival, Jumat (4/8/2023).

Jiniso berhasil mengisi kekosongan masyarakat akan produk jeans hasil produksi lokal dengan kualitas yang terbaik, tapi tetap ramah di kantong.

"Melalui produk-produk yang dihadirkan oleh Jiniso, saya ingin menyampaikan pesan bahwa saya percaya fashion tidak harus mahal, tapi harus maksimal," ungkap Dian.

Dian juga bercerita, berawal dari menawarkan jeans yang dibuat oleh ayahnya ke teman-teman kampusnya, saat ini Ia bersama suaminya berhasil mempekerjakan lebih dari 100 karyawan di 13 rumah produksi yang Jiniso miliki. 

High waist jeans dengan nama Body Goal menjadi produk pertama Jiniso sebagai jeans dengan bahan yang nyaman dan bebas untuk bergerak dalam segala aktivitas yang sesuai dengan tagline Jiniso Active Jeans.

Mengambil langkah untuk menutup gerai offline bisnisnya terdahulu di tahun 2018, Dian berupaya beradaptasi dengan perilaku belanja masyarakat, dan memutuskan untuk menciptakan Jiniso pada tahun 2019 di Shopee. 

Namun, belum genap setahun setelah bergabung, pandemi melanda dan seperti pelaku usaha lainnya, JINISO juga merasakan dampak dari perubahan tersebut. 

Akan tetapi, keputusan untuk berpindah ke ranah digital dan bergabung bersama Shopee nyatanya menawarkan pengaruh yang signifikan selama menjalankan bisnis sejak awal pandemi. 

Gak hanya dalam penjualan, Dian juga merasakan pengaruh signifikan dalam meningkatnya eksposur masyarakat akan Jiniso dan jangkauan calon konsumen yang lebih luas lagi. 

Berbagai kampanye dan fitur yang dimiliki Shopee yang telah Jiniso ikuti selama 4 tahun ini, seperti Super Brand Day, Shopee Live, dan kampanye angka kembar, seperti Shopee 8.8 yang sedang berlangsung telah berhasil membawa Jiniso semakin berkembang dan menjadikannya sebagai brand fashion lokal favorit masyarakat. 

Bagi Dian, banyak pengaruh signifikan yang dirasakan sejak bergabung bersama Shopee. Salah satu manfaat utama yang dirasakan adalah akses mudah kepada bisnis Jiniso untuk bisa memanfaatkan fitur-fitur Shopee yang disesuaikan dengan perilaku belanja masyarakat yang terus berubah, seperti Shopee Live menjadi fitur yang kerap dimanfaatkan. 

Dian merasakan kontribusi yang signifikan ketika berjualan melalui fitur Shopee Live, termasuk pada kampanye Shopee 7.7 kemarin, dimana Jiniso ikut memeriahkan sesi live bersama Raffi Ahmad dan melihat antusiasme pengguna yang luar biasa hingga penjualannya meningkat pesat. 

"Ini juga menjadi alasan saya untuk bergabung dengan Shopee, saya melihat bagaimana Shopee sebagai platform berupaya menghadirkan beragam produk sehingga dapat memenuhi kebutuhan setiap preferensi pengguna," pungkas Dian.

Share Artikel:

Oleh: Tasha Rainita

Artikel Pilihan