Menu

Jangan Sampai Candu! 5 Tips Hentikan Kebiasaan Belanja Online yang Bikin Duit Habis Tanpa Sadar

05 Agustus 2023 19:35 WIB

Ilustrasi wanita sedang stres. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Belanja online merupakan aktivitas praktis yang menggoda, Beauty. Bagaimana engga, hanya dengan membuka toko online di ponsel, kamu bisa menemukan berbagai barang yang menarik hati.

Namun, kecanduan belanja online dapat mengundang berbagai dampak negatif, lho. Di antaranya adalah adanya penumpukan barang hingga uang cepat habis tanpa sadar.

Oleh karena itu, kamu harus menerapkan konsep berbelanja dengan penuh pertimbangan. Sebaiknya belilah suatu barang sesuai kebutuhan bukan hanya keinginan semata.

Selain itu, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah belanja online berlebih. Yuk, simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini, ya.

1. Tetapkan Batas Anggaran

Tentukan batas anggaran belanja online dan patuhi dengan disiplin. Buatlah anggaran yang sesuai dengan kemampuan keuanganmu dan usahakan untuk gak melebihi batas tersebut. Dengan memiliki batas anggaran yang jelas, kamu dapat menghindari pembelian impulsif dan mengendalikan pengeluaran.

2. Hapus Aplikasi Belanja Online dari Ponsel

Jika aplikasi belanja online di ponsel menjadi pemicu utama untuk berbelanja secara impulsif, pertimbangkan untuk menghapusnya. Dengan menghilangkan akses mudah ke aplikasi tersebut, kamu akan lebih berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk berbelanja.

3. Buat Daftar Belanjaan

Sebelum berbelanja online, buatlah daftar belanjaan dengan barang-barang yang benar-benar dibutuhkan. Tetapkan prioritas dan fokus pada item yang memang diperlukan. Dengan memiliki daftar belanjaan, kamu dapat mengurangi peluang untuk membeli barang-barang yang sebenarnya gak perlu.

4. Matikan notifikasi

Hindari menyalakan notifikasi di situs belanja online. Dengan menyalakan notifikasi setiap kali berbelanja, kamu akan mudah tergoda untuk melakukan pembelian impulsif. Lebih baik matikan notifikasi agar kamu gak terus menerima pemberitahuan tentang penawaran dan diskon, sehingga kamu dapat mengurangi godaan untuk berbelanja online tanpa perlu diingatkan secara terus-menerus.

5. Cari Alternatif Kegiatan

Temukan kegiatan lain yang bisa menggantikan kebiasaan belanja online, seperti berolahraga, membaca buku, atau berkebun. Temukan hobi atau kegiatan yang memuaskan dan membantu mengalihkan perhatian dari godaan untuk berbelanja online.

Artikel Pilihan