Menu

5 Langkah Efektif Basmi Kecoa di Rumah, Buruan Terapi Sekarang Beauty!

05 Agustus 2023 20:20 WIB

Kecoak

HerStory, Jakarta —

Beauty, kecoa termasuk hama serangga yang suka hidup di tempat kotor. Biasanya kecoa muncul di tempat lembab yang kotor seperti selokan, tempat sampah, namun bisa juga di rumah, lho.

Jika kecoa sering muncul di rumah, maka artinya kondisi rumah sedang kotor atau areanya lembab. Ada beberapa area yang sering didatangi kecoa seperti belakang lemari, kamar mandi, hingga dapur.

Tentu saja kehadiran kecoa gak baik untuk kesehatan sebab dapat memicu alergi dan kebersihan rumah jadi terganggu. Oleh karena itu, sebaiknya segera basmi kecoa jika kamu menemukannya di rumah, ya.

Berikut HerStory rangkum beberapa langkah yang cocok untuk membasmi kecoa, Beauty.

1. Telusuri setiap area yang dihinggapi Kecoa

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan yakni menelusuri terlebih dahulu area yang sering dihinggapi kecoa seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk menetapkan langkah selanjutnya dalam mengusir kecoa. 

2. Gunakan Umpan Kecoa

Langkah kedua yaitu menggunakan umpan kecoa atau racun kecoa. Cara ini efektif untuk mengusir atau menghilangkan kecoa sekaligus membawanya kembali ke tempat asal. Sebelum itu, pastikan untuk meletakkan umpan pada area yang sering dihinggapi oleh hama yang satu ini dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

3. Gunakan Produk Insektisida

Jika kamu gak mau repot-repot menunggu kecoa dengan umpan, cobalah menggunakan produk insektisida yang bisa membasmi kecoa secara cepat. Ada berbagai jenis insektisida yang bisa kamu beli di pasaran, mulai dari yang berbentuk semprotan hingga perangkap kecoa. 

Pilih insektisida dengan bahan pyrethroid atau imiprothrin agar kecoa dapat terbasmi seketika. 

4. Menyemprotkan Minyak Esensial

Menyemprotkan minyak esensial menjadi cara alami untuk mengusir kecoak. Pasalnya, minyak esensial seperti rosemary dan oregano memiliki bau khas yang gak disukai oleh kecoa.

Kamu bisa menyemprotkan minyak tersebut pada area yang sering dihinggapi kecoa. Penggunaan minyak esensial juga lebih aman dibanding insektisida dan umpan kecoa karena gak mengandung bahan kimia berbahaya.

5. Bersihkan Sisa Kardus yang Gak Terpakai

Jika kamu memiliki sisa kardus yang tak terpakai di rumah, ada baiknya segera disingkirkan. Sebab, sisa kardus tersebut juga menjadi salah satu tempat favorit bagi kecoa untuk hidup dan bersembunyi.