Menu

Dianggap Jadi Pemicu Bau Mulut, Beberapa Makanan Ini Justru Punya Manfaat Bagi Tubuh, Salah Satunya Jengkol!

08 Agustus 2023 10:35 WIB

Jengkol (Vegetafruit/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Seringkali bau mulut meruntuhkan rasa percaya diri seseorang saat berhadapan dengan orang lain. Meski bukan penyakit berbahaya, bau mulut membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

Beauty, bau mulut biasanya terjadi akibat faktor makanan yang dikonsumsi saat acara tertentu, seperti makan jengkol, pete dan bawang putih.

Ketiga makanan tersebut dicerna oleh sistem pencernaan, sehingga menimbulkan efek bau di mulut dan juga di badan. Namun, tak melulu meninggalkan efek negatif, ketiga makanan tersebut memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh.

Menurut dr. Nani Utami Dewi, MGizi, SpGK, "Jengkol mengandung asam amino tinggi yang meninggalkan bau mulut saat dikonsumsi. Begitu juga dengan pete yang mengandung flavonoid  lemak dan protein yang dicerna oleh sistem cerna dan menimbulkan efek bau di mulut dan tubuh," jelasnya dalam tayangan 'Ayo Hidup Sehat TVone' pada Selasa (8/8/2023).

Ditambahkan oleh dr. Nani, semua bahan makanan memiliki manfaat dan sisi negatif bagi tubuh. Seperti jengkol meski bisa menimbulkan bau, tapi mengandung karbohidrat dan protein, berbagai macam vitamin dan serat, bagus untuk pembentukan tulang.

"Protein dalam jengkol sama seperti protein yang terkandung dalam kacang polong. Bagus untuk pembentukan tulang dan gigi.  Efek negatifnya bisa mengalami kejengkolan kalau terlalu sering," jelas dr. Nani.

Tak hanya jengkol, bawang putih yang mengandung antibakteri, antioksidan dan memiliki efek proteksi terhadap jantung ini, sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Namun, jika membuang bagian di dalam bawang putih sebelum dimasak, bisa membantu menghilangkan aroma tak sedap lho Beauty.

Makanan lain yang meninggalkan aroma pekat dan memiliki manfaat untuk tubuh adalah durian. Buah yang satu ini disukai banyak orang karena rasanya yang lezat.

Sayangnya, durian bisa menimbulkan masalah seperti rasa tidak nyaman dan perut kembung bagi orang yang memiliki gangguan saluran pencernaan.

Menariknya, di beberapa daerah tertentu, durian justru diolah menjadi makanan pendamping. "Harus diingat, durian mengandung kadar gula yang tinggi. Sehingga kalau disantap saat berbuka puasa, makannya harus dibatasi," ungkap dr. Nani.

Meski begitu, durian memang bagus dikonsumsi saat berbuka karena bisa meningkatkan kadar gula kembali normal setelah seharian berpuasa. Hanya saja dengan batas yang wajar, serta penderita diabetes harus berhati-hati saat mengonsumsinya.

Tak melulu makanan, ternyata kopi bisa menyebabkan bau mulut, Beauty. "Terlalu banyak minum kopi bisa menyebabkan bau mulut. Dan sebaiknya tidak minum kopi saat sahur karena bisa membuat tubuh lemas dan dehidrasi di siang harinya," kata dr. Nani.

Terakhir, dr. Nani memberikan beberapa tips sederhana yang bisa kita lakukan agar tidak bau mulut. Mulailah dengan memperbanyak asupan air putih, menyikat gigi dua kali, bersihkan lidah dan pangkal lidah.

Hal yang terpenting, jangan lupa mengonsumsi sayuran dan buahan untuk mengurangi bau mulut. Minum susu juga dapat meredakan dan menghilangkan bau mulut. Gimana, mudah bukan Beauty? Selamat mencoba, yah!

Artikel Pilihan