Menu

Bisa Dilakukan Segala Usia, Ini 5 Langkah Mencegah Penyakit Diabetes, Sangat Direkomendasikan Ahli!

08 Agustus 2023 20:20 WIB

Sepasang kekasih yang sedang berjalan dengan bergandengan tangan (Unsplash/Sarandy Westfall)

HerStory, Jakarta —

Penyakit diabetes menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Apalagi, penyakit ini kerap tak terdeteksi sejak dini dan membuat penderitanya menjadi kesulitan ketika baru mengetahuinya ketika sudah tahap berbahaya.

Seiring waktu, penyakit ini pun dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung, kehilangan penglihatan, dan penyakit ginjal.

Terkait hal itu, para ahli pun berbagi langkah-langkah pencegahan yang bisa dilakukan oleh kamu dan keluarga dari berbagai usia. Apa saja? Yuk intip dan terapin mulai besok, Beauty!

1. Melakukan Aktivitas Fisik

Dana Ellis Hunnes PhD, MPH, RD ahli diet senior di pusat medis UCLA, asisten profesor di sekolah kesehatan masyarakat UCLA Fielding, mengatakan, bergerak aktif secara fisik membantu mengatur darah kadar gula, dan menggunakan glukosa untuk bahan bakar sel-sel otot.

Ini juga membantu mengatur hormon lapar dan kenyang Ghrelin dan leptin, dan menjaga berat badan pada tingkat yang sehat dengan menurunkan risiko diabetes.

Setiap minggu orang dewasa membutuhkan 150 menit aktivitas fisik intensitas sedang dan 2 hari aktivitas penguatan otot.

2. Jalan-jalan Setelah Makan

Ketika kita berjalan setelah makan, kita akan menggunakan beberapa karbohidrat yang dicerna tubuh dan berubah menjadi glukosa. Otot sendiri digunakan sebagai glukosa dan karenanya dapat membantu menurunkan lonjakan glukosa darah dengan cara lain setelah makan.

3. Menjaga Berat Badan Sehat

Lisa Richards, ahli gizi dan penulis Candida Diet, mengatakan, kadar gula darah pada wanita yang telah didiagnosis dengan diabetes gestasional biasanya akan kembali normal setelah mereka melahirkan. Namun, sekitar 50% wanita yang didiagnosis akan terus mengembangkan diabetes tipe 2.

Karenanya, cara terbaik untuk mencegah diagnosis diabetes tipe 2 adalah mencoba untuk kembali ke berat badan normal pasca-melahirkan.

4. Mengonsumsi Makanan Berbahan Tumbuhan

Menurut Hunnes, pola makan nabati yang utuh cenderung lebih rendah kalori, lebih tinggi serat dan nutrisi tanaman (fitonutrien), termasuk antioksidan, vitamin dan mineral.

Jenis diet ini juga tergolong anti-inflamasi yang dapat membantu menurunkan risiko diabetes dan kondisi kronis lainnya juga. Ini juga cenderung membantu orang mempertahankan berat badan mereka atau menurunkan berat badan mereka, dengan menurunkan risiko dan bahkan berpotensi membalikkan risiko diabetes.

5. Hindari Terlalu Banyak Cemilan Manis

Jesse Feder, seorang pelatih pribadi & Ahli Diet Terdaftar dengan Tim My Crohn's and Colitis menjelaskan, memiliki diet tinggi gula telah dikaitkan dengan perkembangan obesitas dan/atau diabetes. Karenanya, penting untuk kamu menghindari makanan tersebut, ya Beauty!