Menu

Harus Dicegah, Ini Sederet Dampak Buruk Perceraian pada Anak

18 Februari 2021 11:00 WIB

Ilustrasi perceraian (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Perceraian adalah hal yang pastinya dihindari oleh seluruh pasangan. Namun terkadang keputusan berat ini harus diambil sebagai jalan terbaik.

Perceraian akan menjadi hal yang berat ketika kamu dan pasangan sudah memiliki anak. Perceraian bukan hanya berdampak pada kamu dan pasangan, namun secara nggak sadar justru anak lah yang paling besar terkena dampaknya.

Mungkin kamu dan pasangan sudah mempertimbangkan efek psikologis yang akan dialami anak. Moms juga harus mengetahui apa saja dampak buruk yang bisa saja terjadi pada anak setelah orang tuanya bercerai agar bisa menghindarinya.

Dilansir dari Healtmeup, berikut adalah efek mengerikan dari perceraian bagi anak-anak.

Penurunan akademik

Menurut beberapa penelitian, anak-anak yang menjadi korban perceraian seringkali mengalami masalah perilaku yang kemudian berdampak buruk pada kemampuan akademik mereka.

Kecenderungan untuk terpengaruh hal buruk

Anak-anak yang menjadi korban perceraian cenderung merasa 'tersesat' dan nggak memiliki sistem pendukung dalam hidupnya. Mereka cenderung lebih mudah terlibat dalam penggunaan alkohol, rokok, dan obat-obatan.

Kualitas kehidupan yang rendah

Anak-anak yang kedua orang tuanya bercerai biasanya mengalami penurunan kualitas kehidupan. Hal ini disebabkan karena adanya pembagian pendapatan.

Mengalami pelecehan

Perceraian mampu membuat anak-anak berada pada risiko yang lebih tinggi untuk menerima pelecehan dari anak lainnya dan rentan terkena masalah kesehatan.

Obesitas dan gangguan makan

Gangguan makan seringkali menjadi dampak psikologis yang dialami oleh anak korban perceraian. Mereka bisa menjadi seorang emotional eater yang kemudian berujung pada obesitas.

Tekanan psikologis

Trauma psikologis pastilah dialami oleh anak korban perceraian. Mereka bisa menderita stres, depresi, kecemasan, dan efek psikologis jangka panjang lainnya.

Apatis dalam berhubungan

Perceraian mampu menimbulkan trauma yang berkepanjangan bagi anak-anak. Bisa jadi mereka menjadi orang yang merasa apatis dengan sebuah hubungan dan menganggap bahwa hubungan bukanlah hal yang penting.

Itu dia beberapa dampak buruk perceraian pada anak. Dengan mengetahuinya, Moms bisa melakukan tindakan preventif agar anak tetap dalam kondisi baik secara fisik dan mental.