Menu

Cegah Kerusakan Otak Sejak Dini Beauty! Ini 9 Rekomendasi Makanan Terbaik Biar Gak Cepat Pikun

11 Agustus 2023 21:15 WIB

Kunyit (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kesehatan otak sangat penting untuk dijaga sebab organ yang satu ini berfungsi sebagai pusat perintah tubuh. Ada banyak fungsi tubuh yang diproses dalam otak, salah satunya adalah memori. 

Kamu dapat mengungat sesuatu karena informasi tersebut telah direkam dalam otak, Beauty. Namun, ada kasus dimana memori yang ada menjadi pudar bahkan seseorang memiliki kesulitan untuk mengingat atau pikun. 

Kondisi ini disebabkan karena adanya gangguan pada otak, lho. Oleh karena itu, kamu jarus menjaga kesehatan otak sejak dini untuk mencegah terjadinya kepikunan di masa mendatang. 

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan otak adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Apalagi ada beberapa makanan yautu buah yang baik untuk kesehatan otak. Kira-kira apa saja makanan yang baik untuk otak tersebut, ya? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini, ya. 

1. Buah beri

Buah-buahan seperti stroberi, blackberry dan blueberry mengandung jumlah yang kaya antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan otak. Buah beri juga membantu dalam mencegah kematian sel dan inflamasi fungsi otak.

2. Telur

Kita semua tahu bahwa telur yang baik untuk kesehatan dan itu adalah sama baik untuk otak juga. Banyak dari kita mungkin tidak tahu bahwa kuning telur mengandung choline yang penting untuk otak, terutama dalam fungsi memori jangka pendek.

3. Brokoli dan kembang kol

Semua sayuran silangan ini sarat dengan vitamin K yang merupakan kunci untuk meningkatkan kekuatan otak dan fungsi kognitif. Sayuran hijau ini kaya akan senyawa yang disebut glukosinolat yang dapat menunda pemecahan neurotransmitter-asetilkolin. Kadar asetilkolin yang rendah dikaitkan dengan Alzheimer.

4. Alpukat

Alpukat memiliki efek yang sama baiknya dengan blueberry untuk kesehatan otak. Buah ini kaya akan lemak tak jenuh sehingga baik untuk memperlancar aliran darah di otak.

5. Jambu mete

Jambu mete merupakan penguat memori yang hebat. Lemak poli-jenuh dan mono-jenuh membuat jambu mete sangat penting untuk produksi sel-sel otak serta meningkatkan kekuatan otak.

6. Ikan

Salmon, mackerel, tuna kaya akan asam lemak omega-3 membantu membangun membran sel dan meningkatkan daya ingat.

7. Kunyit

Sementara itu laman Pinkvilla menulis, kunyit kerap digunakan para ibu rumah tangga untuk memasak. Dan tak hanya berfungsi sebagai bumbu masakan, rempah-rempah ini ternyata juga berguna untuk otak.

Antioksidan yang ada dalam bubuk kunyit dapat membantu meningkatkan daya ingat dan juga membantu mengurangi depresi. Senyawa aktifnya, yaitu kurkumin, memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat yang membantu kesehatan otak.

8. Cokelat hitam

Dark Chocolate atau cokelat hitam mengandung bubuk kakao dalam jumlah tinggi yang berguna untuk meningkatkan memori. Kafein dan antioksidan dalam cokelat hitam membantu proses belajar dan mempertahankan memori. Makanan ini juga merupakan penguat suasana hati yang secara instan memberi energi pada tubuh.

9. Kacang

Selain meningkatkan kesehatan jantung, kacang juga terkait dengan kesehatan otak, terutama dalam meningkatkan daya ingat. Kacang-kacangan seperti kenari sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak, sehingga sangat layak dikonsumsi setiap hari.

Artikel Pilihan