Menu

Gak Perlu Khawatir, Ini 5 Obat Alami yang Bisa Bantu Sembuhkan Sakit Tenggorokan dengan Cepat

12 Agustus 2023 12:35 WIB

Ilustrasi anak sakit tenggorokan (foresturgentcare.com/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, mengalami sakit tenggorokan tentu akan membuatmu jadi gak nyaman, apalagi kalau saat makan harus merasakan sakit ketika menelan.

Ada banyak makanan yang bisa kamu konsumsi ketika sedang mengalami sakit tenggorokan. Selain itu, ada juga beberapa obat alami yang bisa kamu coba untuk menyembuhkannya.

Melansir dari laman Penn Medicine, Sabtu (12/8/2023), berikut ini beberapa obat alami yang bisa bantu sembuhkan sakit tenggorokan. Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Air garam

Berkumur dengan air garam merupakan obat alami yang terkenal bisa membantu mengatasi masalah sakit tenggorokan. Apa kamu sudah pernah mencobanya?

Garam dapat mengurangi pembengkakan dengan menarik air keluar dari jaringan tenggorokan. Ini juga  membantu membunuh bakteri berbahaya di tenggorokan.

2. Air lemon

Air lemon bisa menjadi minuman menyegarkan sekaligus obat untuk mengatasi sakit tenggorokan yang terjadi saat pilek atau flu.

Pasalnya, lemon mengandung vitamin C dan antioksidan kuat lainnya. Senyawa ini melawan peradangan dan mengurangi stres oksidatif, yang merupakan penanda umum penyakit.

3. Madu

Siapa yang gak tahu kalau madu memang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat menjadi obat sakit tenggorokan.

Kandungan antibakteri dalam madu mampu mengobati sakit tenggorokan. Kamu bisa konsumsi madu secara langsung atau mencampurnya dengan teh herbal.

4. Teh hijau

Selanjutnya, obat alami yang bisa membantu mengatasi masalah sakit tenggorokan adalah teh hijau. Teh hijau diklaim cukup efektif untuk meredakan sakit tenggorokan.

Hal ini disebabkan oleh kandungan antibakteri dan antiinflamasi yang dapat mencegah serta mengobati infeksi atau peradangan di tenggorokan.

5. Air putih

Gak perlu bingung menjadi berbagai macam obat karena air putih juga dapat membantu mengobati rasa sakit pada tenggorokan.

Dengan memperbanyak minum air putih, sakit tenggorokan akan mereda. Tapi ingat, minum air putih yang hangat, ya, supaya tenggorokan terasa lebih nyaman.

Nah, itulah beberapa obat alami sakit tenggorokan yang bisa kamu coba. Mau buktikan gak nih, Beauty?