Menu

Mau Nabung tapi Gaji Pas-pasan? Yuk, Pelajari Cara Mengelolanya di Sini!

18 Februari 2021 18:30 WIB

Ilustrasi keluarga yang memikirkan pengelolaan keuangan (Seva.id/Edited by Herstory)

HerStory, Tangerang —

Gaji yang pas-pasan memang sesuatu yang cukup sulit untuk dikelola. Meskipun begitu, sebisa mungkin, kamu pasti mencoba untuk mengelolanya agar hidup menjadi lebih nyaman, bukan?

Perihal gaji memang menjadi hal yang sensitif untuk sebagian orang. Banyak yang mendambakan gaji dengan nominal besar dengan harapan bisa memiliki hidup yang nyaman.

Tentunya, hidup nyaman enggak cuma bisa dimiliki oleh orang dengan gaji 250 juta seperti yang viral itu, lho! Kamu tetap bisa hidup nyaman tanpa terlilit hutang dan masih bisa menyisihkan uang dengan berbagai cara. 

Kamu udah pernah coba cara apa saja, nih? Pernah mencoba challenge nabung ala ala Instagram yang harus merogoh kocek banyak? Atau pernah ikut arisan?

Padahal, cara tepatnya adalah dengan menabung, merencanakan keuangan dan melek terhadap finansial. Ketiga hal ini penting banget buat kamu kuasai ilmunya biar makin pintar dalam mengelola uang. 

Lalu, gimana caranya melakukan ketiga hal tersebut dengan gaji pas-pasan? Tenang aja, yuk, kita pelajari bareng-bareng cara mengelola gaji pas-pasan lewat rekan sindikasi Herstory, Finansialku.com!

Utamakan Membuat Anggaran Belanja

Sebelum menggunakan uang untuk hal-hal yang kurang perlu, alangkah lebih bijak kamu anggaran belanja dulu, nih! Anggaran belanja sendiri berisi daftar kebutuhanmu setiap bulannya. Semua kebutuhan, ya! Mulai dari makan yang kebutuhan pokok sampai beli lipstick baru yang kebutuhan tersier harus dimasukkan juga ke dalam anggaran belanja. 

Nah, dengan gaji yang pas-pasan, kamu harus mampu mengalokasikan gaji per kebutuhan. Tujuannya agar biaya real atau aslinya enggak melebihi budget yang kamu anggarkan.\

Nah, agar lebih mudah, kamu bisa gunakan aplikasi keuangan Finansialku atau aplikasi lain yang direkomendasikan oleh Finansialku. 

Baca Juga: Baru Gajian, Bingung Uang Habis Kemana? Yuk, Intip 10 Aplikasi Keuangan Terbaik Ini!

Sesuaikan Kebutuhan untuk Menekan Pengeluaran

Nah, karena gaji yang pas-pasan, kamu harus bisa membagi uang dari total gaji dengan baik, ya! Ini akan mencegah membengkaknya pengeluaranmu selama sebulan penuh. 

Ini juga bisa mengontrol pengeluaran dirimu. Misalnya, jika kamu punya gaji 3 juta, kamu harus sisihkan dulu bagian untuk tagihan, nabung, dan kebutuhan pokoknya. 

Usahakan juga, seberapa besar gajimu nanti, pengeluaranmu sebisa mungkin harus tetap, ya.

Beli Barang yang Lebih Rendah dari Kemampuan

Jika ada suatu barang yang menurutmu menarik dan kamu butuhkan, usahakan mencari harga yang lebih rendah dari kemampuanmu. Kamu bisa memanfaatkan diskon atau promo-promo tertentu untuk cara ini. Kamu pasti paling ngerti deh kalau masalah promo tanggal cantik! 

Selain itu, beli barang yang lebih rendah dari kemampuanmu bisa berguna untuk mempertebal uang simpanan dan meminimalisasi sikap konsumtif kamu. 

Hitung Pengeluaran dan Sisa Gaji

Lakukan perhitungan pengeluaran dan sisa gaji secara rutin agar kamu punya batasan. Dengan begini, kamu juga jadi tahu berapa total pengeluaranmu per bulannya dan berapa total gaji yang masih tersisa di dompet.

Biar makin mudah, kamu bisa gunakan aplikasi keuangan, ya! Jadi, enggak perlu capek-capek nulis di buku besar, deh! 

Gimana, apakah sudah tercerahkan? Yuk, kita nabung!

Share Artikel:

Oleh: Dwi Krisna Juniarti