Menu

5 Gangguan Hormon pada Wanita yang Bikin Susah Hamil, Simak Yuk Moms!

14 Agustus 2023 22:25 WIB

Ilustrasi pasangan yang memerhatikan hasil testpack. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bekasi —

Tak cuma berisiko mengalami sejumlah penyakit, beberapa gangguan hormon pada wanita juga dapat menjadi penyebab sulit hamil.

Gangguan hormonal adalah bentuk gangguan hormon pada wanita akibat ketidakseimbangan atau gangguan dalam produksi, regulasi dan fungsi hormonal tubuh. Gangguan horomonal ini dapat meningkatkan permasalahan kesuburan yang mengakibatkan wanita sulit hamil.

Dikutip dari beberapa sumber, inilah gangguan hormonal pada wanita yang bisa bikin sulit hamil. Apa saja?

1. Penyakit autoimun

Gangguan hormonal pada wanita yang bisa dialami dan menyebabkan sulit hamil adalah penyakit autoimun. Penyakit ini dapat terjadi jika seorang wanita jarang mengonsumsi makanan sehat juga kelelahan beraktivitas.

utoimun dapat menyerang sel-sel normal di dalam tubuh. Hal ini tentu akan mengakibatkan jaringan yang sehat menjadi rusak atau terganggu bahkan sampai jaringan reproduksi.

2. Polycystic ovary syndrome (PCOS)

Selanjutnya, salah satu gangguan hormonal pada wanita yang dapat mengganggu bagian reproduksi kewanitaan adalah PCOS.

Gangguan hormonal yang satu ini umumnya dialami karena androgen di dalam tubuh seorang wanita sangat tinggi, di mana dapat membuat wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur. Kemudian, gejala gangguan hormonal yang satu ini adalah timbulnya kista di dalam rahim.

3. Premature ovarian failure (POF)

Kemudian, gangguan hormonal yang menyebabkan wanita sulit hamil adalah premature ovarian failure. Gangguan hormonal ini dapat membuat rahim tidak bisa berfungsi secara normal hingga membuat penderitanya sulit hamil.

Kondisi ini disbebakan karena produksi hormon estrogen akan melemah dan wanita tersebut akan mengalami penghambatan pelepasan sel telur secara alami setiap bulannya.

4. Hormon proklatin yang berlebih

Selain itu, gejala gangguan hormonal pada wanita yang menyebabkan sulit hamil adalah prolaktin yang berlebih. Normalnya, hormon ini memang berfungsi untuk membantu produksi ASI. Namun, jika berlebihan tetap harus diwaspadai. Pasalnya, hormon ini dapat menghambat ovulasi dan peluang terjadinya kehamilan menjadi sangat kecil.

5. Hipotiroidisme

Terakhir, salah satu gangguan hormonal yang perlu diwaspadai adalah hipotiroidisme. Gangguan yang satu ini terjadi karena terganggunya produksi kelenjar tiroid yang berperan untuk pertumbuhan, perkembangan perubahan fungsi dari tiroid yang tentu akan mempengaruhi fungsi organ reproduksi.

Selain itu, gangguan hormonial yang satu ini juga akan membuat menstruasi pada wanita tidak teratur dan masalah dalam proses ovulasi yang tentu akan membuat wanita menjadi sulit hamil.

Lihat Sumber Artikel di Akurat

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan