Menu

Moms Pasti Girang Deh! 4 Tips Alami Hilangkan Uban, Wajib Banget Dicoba!

15 Agustus 2023 11:15 WIB

Ilustrasi rambut beruban pada wanita (Shutterstock/Chompuu)

HerStory, Jakarta —

Salah satu tanda penuaan yang terlihat jelas pada seseorang adalah kemunculan uban pada rambut. Hal ini tentu saja tak bisa dihindari dan termasuk proses alami dalam kehidupan.

Sayangnya, banyak sekali orang yang merasa tak percaya diri dengan kemunculan uban di rambutnya. Agar lebih pede, ternyata ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi tampilan uban lho Moms!

Mengutip dari laman Hairmag melalui sindikasi konten suara.com, berikut adalah lima tips efektif untuk menghilangkan uban secara alami, simak yuk!

1. Minyak Jarak (Castor Oil)

Minyak jarak telah lama digunakan dalam perawatan rambut tradisional untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut dan mengurangi uban. Minyak jarak kaya akan asam lemak esensial, vitamin, dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Oleskan sedikit minyak jarak pada kulit kepala, pijat dengan lembut, dan biarkan semalaman sebelum dibilas pada pagi harinya.

2. Henna

Henna adalah tumbuhan alami yang telah lama digunakan sebagai pewarna rambut alami. Henna tak hanya memberikan warna yang indah pada rambut, tetapi juga dapat membantu menutupi uban. Namun, ingatlah bahwa hasilnya mungkin bervariasi tergantung pada warna asli rambut kamu dan campuran henna yang kamu gunakan.

3. Teh Herbal

Teh herbal seperti teh rosemary dan teh sage memiliki sifat yang dikatakan dapat membantu mengurangi uban. kamu dapat membuat teh dengan daun rosemary atau sage kering, kemudian biarkan larutannya dingin. Setelah keramas, bilas rambut kamu dengan teh herbal tersebut. Namun, penting untuk diingat bahwa efeknya mungkin bervariasi dan hasilnya tak instan.

4. Ramuan Alami

Beberapa bahan alami dapat digunakan sebagai ramuan untuk mengurangi uban. Misalnya, campuran pasta daun curry dan minyak kelapa dapat diterapkan pada rambut dan kulit kepala sebagai masker selama beberapa jam sebelum dibilas. Daun curry mengandung senyawa yang dapat merangsang produksi melanin. Ramuan lain yang populer adalah campuran bubuk amla (buah India) dengan air hangat. Amla kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat mendukung kesehatan rambut.

Namun, perlu diingat bahwa menghilangkan uban secara alami memerlukan kesabaran dan konsistensi. Hasilnya mungkin tak instan dan dapat bervariasi dari orang ke orang. Jika kamu menginginkan hasil yang lebih cepat dan signifikan, konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan yang dapat memberikan saran yang lebih tepat sesuai dengan kebutuhan kamu.

Artikel Pilihan