Menu

Sering Nggak Disadari, Sederet Kebiasaan yang Bisa Membahayakan Kesehatanmu!

19 Februari 2021 08:20 WIB

Seorang wanita yang sedang kelelahan akibat terlalu lama duduk di depan meja kerja. (pinterest/freepik)

HerStory, Bandung —

Gaya hidup punya pengaruh besar terhadap kualitas hidup dan kesehatan tubuh seseorang. Kalau kamu menjalani pola hidup yang sehat, maka kesehatanmu pun akan tetap terjaga hingga usia tua.

Sebaliknya, kalau kamu punya gaya hidup yang nggak sehat dan kamu nggak berusaha merubahnya, maka bukanlah hal yang mustahil jika serangan penyakit bisa datang kapan saja.

Diilansir dari berbagai sumber, (19/02/2021) inilah gaya hidup berbahaya bagi kesehatan tubuh yang sayangnya seringkali nggak kamu sadari sehingga kamu nggak merubahnya.

Ponsel dan bantal

Menurut sebuah penelitian kesehatan, disebutkan bahwa 8 dari 10 orang tidur dengan meletakkan ponsel di samping atau bawah bantal.

Mereka nggak sadar akan bahaya kesehatan yang terjadi di baliknya. Salah satu contohnya adalah pancaran 'light blue' dari layar ponsel. Sinar ini bisa merusak kesehatan mata serta otak.

Penelitian telah membuktikan bahwa light blue yang mengenai otak akan menekan sekresi hormon melatonin di malam hari yang bisa mengganggu kualitas tidurmu.

Untuk menghindari hal ini, jangan pernah meletakkan ponsel di bawah bantal ketika tidur. Letakkan minimal 20cm dari bantal untuk mengurangi radiasi sebesar 98%. Selain cara tersebut, sebenarnya mematikan ponsel adalah cara yang terbaik.

Siklus bulanan

Kebanyakan wanita cenderung mengabaikan penyimpangan yang terjadi dalam siklus bulanan mereka. Penyimpangan tersebut termasuk siklus yang tidak teratur, nyeri berlebihan, dan serangkaian gejala lainnya. Padahal hal tersebut bisa menjadi awal dari gejala mioma, tumor, bahkan kanker.

Selalu catat siklus bulanan, ya! Sehingga kamu bisa memantau apakah jadwal bulananmu teratur atau tidak. 

Duduk terlalu lama

Tanpa disadari bahwa duduk terlalu lama bisa mengundang munculnya berbagai macam penyakit kronis. Salah satunya adalah sakit punggung.

Bahkan sekitar 7 dari 10 orang harus mengunjungi klinik fisioterapi untuk mengobati kelainan tulang belakang mereka yang disebabkan karena duduk terlalu lama.

Selain merusak bentuk tubuh, duduk terlalu lama mampu memicu obesitas yang menjadi awal datangnya penyakit kronis. Oleh karena itu jika pekerjaanmu mengharuskan untuk duduk terlalu lama, selalu sempatkan aktivitas fisik seperti berjalan kaki untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kesehatan kulit

Sebagian besar orang mungkin merasa bahwa mengoleskan tabir surya adalah hal yang nggak terlalu penting. Padahal, kamu nggak tahu bahwa sinar matahari yang terik mampu menimbulkan bercak di kulit yang berujung dengan munculnya kanker kulit.

Oleh sebab itu, kemanapun kamu akan beraktivitas di luar ruangan, selalu oleskan tabir surya terutama di kulit yang terpapar sinar matahari langsung. Pilih tabir surya yang sesuai dengan aktivitas di luar ruangan.