Menu

Duh, 5 Kesalahan Komunikasi Ini Ternyata Bisa Bikin Hubungan Kandas, Jangan Sampai Dilakuin Ya!

20 Agustus 2023 13:40 WIB

Ilustrasi istri sedang marah-marah (Istimewa)

HerStory, Jakarta —

Hubungan sehat bergantung pada komunikasi yang efektif. Sebagai pasangan, tentu harus saling membuat koneksi yang baik dan saling memahami untuk tetap bersama. 

Namun, gak dipungkiri keributan kerap terjadi, padahal sudah berupaya untuk memiliki komunikasi baik dengan pasangan. Nah, ini bisa jadi cara komunikasi yang gak tepat sehingga bisa bikin hubungan dengan pasangan retak. 

Meskipun cara komunikasi setiap pasangan itu berbeda, ada sejumlah prinsip dasar yang perlu diingat. Selain itu, ada juga beberapa kesalahan umum dalam komunikasi yang harus diwaspadai. 

Berikut ini 5 kesalahan dalam komunikasi dengan pasangan yang harus dihindari biar hubungan gak kandas, sebagaimana sudah HerStory kutip dari Hindustan Times, Minggu (19/8/2023). 

1. Menggunakan Kata ‘Selalu’ dan ‘Tak Pernah’ 

Saat memperdepatkan masalah dengan pasangan, hindari untuk mengucapkan ‘Selalu’ dan ‘Tak Pernah’. Dua kata ini seolah menunjukkan, kamu terlalu mengintimidasi pasangan dan merasa paling benar. 

Dalam sebuah masalah, cobalah pahami, setiap pasangan harus sama-sama mengintropeksi diri. Dengan demikian, timbul perasaan saling memahami dan menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. 

2. Menyalahkan Pernyataan

Beauty, saat kamu menyatakan sebuah pendapat, bukankah sangat sakit hati jika seseorang menyalahkannya? Oleh sebab itu, khususnya pada pasangan, hindari untuk menyalahkan pernyataan dan pendapat, ya. 

Hargai dulu setiap pendapat meski terdapat perbedaan. Cari jalan tengah untuk saling bisa menyatukan perbedaan dan mengerti satu sama lain. 

3. Berkespektasi Terlalu Tinggi

Banyaknya video romantisasi hubungan di media sosial sangat berpengaruh pada pola pikir. Tak jarang, seseorang memiliki standar dan ekspektasi terlalu tinggi pada pasangannya karena unggahan romantis para pasangan di media sosial. 

Padahal, setiap orang punya caranya masing-masing untuk membahagiakan pasangannya. Hargai setiap bentuk kasih sayang dan jangan pernah membandingkan upaya pasanganmu dengan orang lain. 

4. Perlakuan Diam

Saat sedang merasa kecewa, tak jarang kita kehabisan energi untuk marah. Akibatnya, diam pun menjadi solusinya. 

Namun, hindari untuk diam saat menghadapi masalah dengan pasangan, ya. Alih-alih menyelesaikan masalah, diam justru menambah beban dalam diri. 

Baiknya, bicarakan berbagai hal yang menjadi masalah dalam suatu hubungan. Jangan pernah memendamnya sendiri.

5. Ancaman Perpisahan

Ini merupakan cara komunikasi terparah yang harus dihindari. Pahamilah, mengambil keputusan saat marah bukan hal tepat. 

Ancaman implusif mengacaukan kepercayaan dan justru menimbulkan penyesalan jangka panjang. Jadi, jangan pernah untuk sesekali mengucap kata ‘putus’ saat sedang marah, ya. 

Artikel Pilihan